• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi & Pariwisata

Hari Asuransi 2019, DAI Edukasi 17.277 Pelajar se-Indonesia

20 October
19:58 2019
1 Votes (5)

KBRN, Denpasar : Hari Asuransi 2019 yang mengusung tema "Sejuta Polis untuk Negeri" fokus pada proses edukasi dan literasi. Edukasi dan literasi dititikberatkan pada pentingnya berasuransi untuk perlindungan jangka panjang kepada seluruh lapisan masyarakat.  
 
Hari Asuransi merupakan kegiatan besar bagi seluruh pelaku di industri asuransi yang diperingati setiap tanggal 18 Oktober. Tahun ini kegiatan puncak Hari Asuransi berpusat di sisi timur Lapangan Niti Mandala, Renon, Denpasar, Bali.

Ketua Panitia Hari Asuransi 2019, Fachri Adnan menyampaikan, kegiatan literasi asuransi tidak cukup dengan hanya melakukan kegiatan seremonial. Diperlukan upaya masif dan terus menerus serta berkala untuk proses literasi kepada masyarakat. 
 
Ia menegaskan, industri asuransi juga akan memanfaatkan pesatnya perkembangan teknologi sebagai bagian infrastruktur dalam melakukan penetrasi di masyarakat.
 
"Program literasi yang kami laksanakan diikuti oleh 17.277 peserta, yang terdiri dari pelajar SMA dan SMK, dan telah mendapat pengakuan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dan tercatat sebagai rekor Literasi Asuransi kepada Siswa/i SMA/K dengan Peserta Terbanyak di Indonesia," ungkap Fachri kepada wartawan disela-sela puncak perayaan Hari Asuransi 2019 di Lapangan Niti Mandala, Denpasar, Minggu (20/10/2019). 
 
Fachri menjelaskan, puncak rangkaian Hari Asuransi 2019 dikemas dalam bentuk kemeriahan festival. Festival Hari Asuransi 2019 merupakan upaya DAI untuk menarik massa secara masif dan menciptakan kesadaran akan pentingnya berasuransi. Festival ini adalah puncak kegiatan asuransi 2019, dari rangkaian kegiatan sebelumnya di 24 kota di Indonesia yang telah dimulai dari awal September 2019.

"Rangkaian acara diawali dengan kegiatan funwalk yang diikuti oleh lebih 2.000 peserta yang terdiri dari para insan asuransi dan masyarakat Bali khususnya generasi milenial. Selanjutnya diisi dengan kemeriahan karnaval, kuliner, atraksi olahraga ekstrem, dan pertunjukan musik," jelasnya. 
 
Sementara Ketua Umum Dewan Asuransi Indonesia (DAI), Dadang Sukresna dalam sambutannya memaparkan, perayaan Hari Asuransi adalah bentuk komitmen pihaknya kepada masyarakat Tanah Air. 

"Melalui tema tahun ini, kami ingin kembali menjabarkan tujuan bersama untuk meningkatkan pemahaman asuransi, khususnya dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan dalam mendorong ketersedian akses dan layanan keuangan yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia," paparnya.
 
Dalam pelaksanaannya, DAI melakukan berbagai kegiatan yang fokus pada edukasi dan sosialisasi manfaat berasuransi kepada seluruh lapisan masyarakat, baik untuk kalangan internal maupun eksternal industri perasuransian, termasuk pada kegiatan Hari Asuransi ini.
 
“Kegiatan ini sekaligus menjadi momentum bagi industri untuk lebih gencar memberikan sosialisasi mengenai pentingnya perlindungan diri melalui Asuransi” tutur dadang.
 
Meskipun di negara-negara lain kegiatan seremonial semacam ini tidak lagi dilakukan, akan tetapi di Indonesia, kegiatan ini bagus dan masih sangat relevan sebagai salah satu upaya bagus untuk mendorong penetrasi kepada masyarakat. 
 
"Otoritas Jasa Keuangan (OJK), selalu mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Dewan Asuransi Indonesia, dan juga asosiasi-asosiasi asuransi yang bernaung dibawahnya, terutama atas kegiatan terkait program sosialisasi melalui peringatan Hari Asuransi 2019," ujarnya. 
 
Kepala Departemen Pengawasan IKNB 2A OJK, Ahmad Nasrullah pada kesempatan yang sama memaparkan, tema kegiatan "Mari Berasuransi" dan sub tema "Sejuta Untuk Negeri" ini sejalan dengan program pemerintah. Pemerintah dikatakan mencanangkan target keuangan inklusif dengan persentase jumlah penduduk dewasa yang memiliki akses layanan keuangan pada lembaga keuangan formal sebanyak 75% pada akhir 2019. 
 
"OJK berharap melalui kegiatan seremonial ini bisa menjadi semangat industri asuransi untuk terus meningkatkan penetrasi asuransi kepada masyarakat, melalui literasi dan edukasi pentingnya asuransi bagi sebagai investasi jangka panjang yang dapat mendukung jika sewaktu-waktu dibutuhkan," tegasnya. 
 
"Kami dari OJK sangat mendukung kegiatan ini, apalagi dikemas seccara apik melalui berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat khususnya di Denpasar," pungkas Ahmad. 
 
 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
LIVE
Radio Picture RRI Denpasar
00:00:00 / 00:00:00