• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ruang Krama Bali

Sambut HUT ke-49, Warga Lamalohot Lakukan Ziarah Leluhur

14 October
13:09 2019
1 Votes (5)

KBRN, Denpasar : Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-49 Ikatan Keluarga Lamaholot (paguyuban Kabupaten Flores Timur dan Lembata) di Bali, warga Lamaholot melakukan ziarah dan membersihkan makam para leluhur Lamaholot, Minggu (13/10/2019). 

Aksi bersih-bersih dan tabur bunga yang dipimpin langsung oleh Ketua Lamaholot, Yosep Boleng itu dimulai dari pekuburan Muslim Kampung Jawa di Jalan Ahmad Yani, Sidakarya, Kepaoan, Tuban dan terakhir di pekuburan Katolik Mumbul, Nusa Dua. 

Yosep Boleng mengatakan, kegiatan sosial bersih - bersih pekuburan ini merupakan sudah menjadi tradisi rutin setiap tahun bagi warga Lamaholot dalam rangka menyambut HUT Lamaholot. 

"Kegiatan ini, sudah tradisi turun temurun untuk menghormati para leluhur yang telah mendahului kita. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa, Lewo Tanah (kampung halaman) dan para leluhur," ungkapnya. 

Dikatakan Yosep Boleng, tradisi Lamaholot lainnya untuk menghormati para leluhur adalah bau lolon di rumah besar pada puncak Hari Ulang Tahun tanggal 23 Oktober. 

"Nilai luhur tanah kelahiran wajib dipegang teguh. Jangan sampai terasing dengan kebudayaan daerahnya. Kearifan lokal daerah asal tidak boleh dihilangkan, meski berada di daerah perantauan," ujarnya. 

Sementara itu, untuk memeriahkan HUT ke 49, generasi muda Lamaholot dengan nama Mula Bali (muda mudi Lamaholot Bali) akan menggelar turnamen Futsal Lamaholot Cup II yang rencananya dibuka Ketua Flobamora Bali, Yosep Yulius Diaz di Bigg Ball Futsal Arena, Kerobokan Kaja, Sabtu (19/10/2019). Sebanyak 32 tim yang telah memastikan diri untuk ambil bagian dalam turnamen yang akan berlangsung selama 4 hari itu. 

Menariknya, dari 32 tim yang berpartisipasi ini, panitia penyelanggarabakan bekerja sama dengan pihak-pihak kompeten untuk mencari 10 tim terbaik, dan akan diundang menuju Liga Amatiran NTT "LFC 2020" yang sekiranya akan bergulir pada bulan Mei tahun depan. 

"Dari sepuluh tim peserta akan disaring lima besar tetap bertahan dan lima tim degradasi yang akan kembali menjajal kualifikasi melalui turnamen tahunan ini di tahun depan yang merupakan HUT ke 50 Lamaholot Bali atau Lamaholot Emas," ujar Ketua Panitia Turnamen Futsal, Yohanes Bali Bahin.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
LIVE
Radio Picture RRI Denpasar
00:00:00 / 00:00:00