• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

BPBD Karangasem Terus Lakukan Distribusi Air Bersih Hingga 20 Ribu Liter Perhari

13 October
15:53 2019
0 Votes (0)

KBRN, Denpasar : Kekeringan yang melanda kabupaten Karangasem menyebabkan masyarakat di beberapa wilayah di Kabupaten Karangasem mengalami kesulitan air bersih. Karena itulah Pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah – BPBD Karangasem terus mendistribusikan air bersih untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi sebagian masyarakat Karangasem.

Hal itu disampaikan Kalaksa BPBD Karangasem IB Arimbawa kepada RRI di Karangasem, Minggu (13/10/19). 

Ia mengatakan, BPBD Karangasem secara rutin mendistribusikan air bersih sesuai permintaan kepala desa yang memerlukan bahkan hingga kedaerah yang sulit dijangkau seperti daerah Kubu.

  Cuma di Kubu memang medannya cukup berat yang di Tianyar Tengah diatas sekali jalannya juga disamping menanjak juga jalannya agak rusak sehingga agak kesulitan kita membawa air tidak bisa penuh gitu,” ucapnya.

IB Arimbawa mengatakan, setiap harinya BPBD mendistribusikan rata-rata 20 ribu air bersih. Ditambahkan, pendistribusian air bersih yang dilakukan BPBD Karangasem dan pihak terkait lainnya seperti PMI merupakan langkah jangka pendek.

“ Namun yang perlu dipikirkan yaitu antisipasi jangka panjang yang harus dilakukan ketika terjadi musim kering yang cukup panjang seperti sekarang,” ungkapnya.

IB Arimbawa mengatakan, saat ini sudah ada salah satu NGO Yayasan Selaksa Sejahtera- Yasera yang berencana mengambil air danau Batur untuk disalurkan ke desa-desa yang masih kekurangan air bersih.

Menurutnya, rencana pengambilan air danau batur tersebut kini dalam proses mengurus perijinan.  “ Jika proses perijinan selesai tahun ini maka proyek tersebut akan segera dikerjakan,” ujarnya.

 IB Arimbawa mengatakan hal ini merupakan langkah positif sebagai antisipasi jangka panjang terhadap dampak kekeringan di Kabupaten Karangasem. Menurutnya,  distribusi air bersih oleh BPBD Karangasem dari tanggal 18 Juni – 12 Oktober 2019 sebanyak 290.000 ltr.

  • Tentang Penulis

    Ni Nyoman Kasih

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

  • Tentang Editor

    Ni Nyoman Kasih

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
LIVE
Radio Picture RRI Denpasar
00:00:00 / 00:00:00