• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi & Pariwisata

IIPEX 2019 Tawarkan Puluhan Ribu Hunian Subsidi

20 September
16:18 2019
2 Votes (5)

KBRN, Denpasar : Puluhan ribu hunian subsidi dan non-subsidi akan ditawarkan dalam Indonesia International Property Expo (IIPEX 2019). Event yang berlangsung 5 hari (25 - 29 September 2019) tersebut merupakan insiasi Dewan Pengurus Pusat Real Estate Indonesia (DPP REI).

 

Ketua Panitia IIPEX 2019 Bali, Anak Agung Ngurah Ananta Wijaya menjelaskan, kegiatan ini berlangsung serentak di empat kota, meliputi Denpasar, Surabaya, Medan, dan Jakarta. Pameran properti ini rencananya secara resmi dibuka Wakil Presiden, Muhammad Jusuf Kalla, di Jakarta, Rabu 25 September 2019.

 

Khusus di Bali, IIPEX 2019 yang diikuti 22 stand yang terdiri dari developer anggota REI, dan pihak perbankan ini akan dibuka Walikota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra.

 

"Adapun motivasi kita mengadakan kegiatan ini adalah tentunya untuk menggenjot penjualan perumahan, seperti yang sudah kita lakukan sekian kali, dan ini merupakan program rutin daripada DPP maupun DPD REI Bali," paparnya kepada wartawan di sekretariat DPD REI Bali, Jumat (20/9/2019).

 

Ketua DPD REI Bali, Pande Agus Permana Widura pada kesempatan yang sama mengakui, IIPEX 2019 ini memiliki tujuan yang sangat strategis. Harapannya, pameran properti terbesar di kawasan Asia Tenggara ini dapat menggairahkan kembali pasar domestik yang melesu dalam beberapa tahun terakhir.

 

"Seperti kita ketahui bersama, saat-saat ini adalah saat-saat yang tidak mudah bagi kami selaku developer dalam menjalankan bisnis. Karena seperti yang digembar-gemborkan diberita mungkin memang terjadi semi-krisis. Krisis yang terjadi di Indonesia ini sendiri. Tetapi kita memiliki suatu kepercayaan penuh, bahwa selama masih ada cinta, masih ada kebutuhan untuk pembelian rumah ini sendiri," katanya.

 

"Dan kita juga masih optimis dengan penjualan-penjualan kedepannya, selama kita bisa selalu mengadakan inovasi-inovasi, menghadapi daripada persaingan yang ada, saya percaya pasar itu selalu ada. Hanya bagaimana kita bisa memaksimalkan dalam penjualan kita untuk mendapatkan target yang kita inginkan semaksimal mungkin," lanjutnya.

 

Yang menarik dari IIPEX 2019 menurut Pande Agus adalah pembeli tidak hanya bisa bertransaksi rumah yang ada di Bali, melainkan dapat membeli hunian diluar Pulau Dewata. Pihaknya bersama rumah.com dikatakan menyediakan fasilitas FastKey bagi calon konsumen dalam menentukan hunian yang ada diluar Bali. Fasilitas FastKey itu juga memungkinkan orang luar Bali untuk membeli rumah di Pulau Seribu Pura.

 

"Nanti ini akan ada live streaming. Jadi intinya adalah, pembeli dari luar Bali itu bisa melihat produk-produk di Bali, begitu pun juga sebaliknya. Jadi bukan hanya marketnya ini melingkupi hanya Bali, tetapi juga beberapa kota besar lainnya di Indonesia," ujarnya.

 

Pande Agus dalam event IIPEX 2019 ini menargetkan besaran transaksi diangka Rp100 miliar. Omzet itu terdiri dari Rp70 miliar rumah non-subsidi, dan Rp30 miliar untuk hunian bersubsidi. Guna memenuhi target itu, REI Bali dikatakan menaruh harapan besar terhadap end-user dari kalangan milenial. Generasi milenial saat ini disebut memiliki ketertarikan besar untuk memiliki hunian layak.

 

Ia menambahkan, selama Indonesia International Property Expo 2019, REI Bali menawarkan 2.000 rumah subsidi, dan 1.000 hunian non-subsidi. Rumah yang ditawarkan tersebar di Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Tabanan, Jembrana, Buleleng, Klungkung, Karangasem, dan Gianyar. Sedangkan untuk harga, berada pada rentang Rp158 juta hingga Rp2 miliar.

 

"Bahwa sudah waktunya teman-teman milenial untuk berpikir memiliki rumah. Karena begitu banyak produk-produk perbankan yang ditawarkan dalam pameran kali ini mengenai perihal bagaimana mudahnya bagi milenial untuk memiliki rumah. Bahkan sampai ada cicilan 30 tahun. Jadi sangat ringan, asal ada kemauan dan keberanian," pungkas Pande Agus.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
LIVE
Radio Picture RRI Denpasar
00:00:00 / 00:00:00