• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Generasi Milenial Harus Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

15 September
12:28 2019
0 Votes (0)

KBRN, Singaraja: Presiden Of World Hindu Parisad-WHP Made Mangku Pastika hari ini , Minggu (15/9/2019) memberikan Dharma Wacana di Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja dengan tema "Peran Generasi Muda Hindu dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Kegiatan ini diikuti Mahasiswa Baru Undiksa yang berjumlah lebih dari 2.100 orang dalam acara Widya Sabha KMHD Yowana Brahma widya Undiksa Singaraja.

Dalam Dharma Wacana tersebut Made Mangku Pastika menyampaikan generasi muda sekarang harus mampu mengambil peluang  dalam era industri 4.0 dengan belajar sungguh-sungguh pada masing-masing jurusan dan membekali diri dengan berbagai keterampilan. Karena menurutnya kedepan beberapa jenis pekerjaan akan hilang karena digantikan dengan tenaga mesin.

" Tenaga kesehatan ada, tenaga pendidikan ada, selebihnya ga ada, kerja dikantor ga ada. Semua sudah diganti dengan mesin dan elektronik. Jadi sekarang kamu harus berpikir ini , selama tiga tahun ini kamu harus belajar apalagi selain kuliah itu. Jangan malu ngambil pekerjaan apa saja," ucapnya. 

Mangku Pastika mengatakan, dengan kemajuan teknologi kedepan bengkel perbaikan kendaraan akan hilang, mesin yang menggunakan bensin memiliki 20.000 bagian, sedangkan motor yang menggunakan listrik hanya memiliki 20 bagian. Motor listrik tidak diperbaiki di dealer tetapi akan dikirim ke bengkel perbaikan regional yang akan memperbaikinya menggunakan robot.

Ia menambahkan, memasuki era industri 4.0 yang akan membawa perubahan luar biasa baik kecepatannya, radikalnya yang bisa mengubah segala-galanya yang siap tidak siap harus dihadapi.

Dihadapan ribuan mahasiswa Undiksa , Mangku Pastika mengatakan, generasi milenial harus mampu menumbuhkan keberanian untuk mencoba dan memulai, karena setiap impian tidak akan menjadi hasil yang nyata, tanpa jembatan untuk memulainya melalui tindakan  yang nyata.  Ia juga minta umat Hindu harus memahami Panca Srada dengan benar untuk mengikuti perkembangan dunia.

  • Tentang Penulis

    Ni Nyoman Kasih

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

  • Tentang Editor

    Ni Nyoman Kasih

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
LIVE
Radio Picture RRI Denpasar
00:00:00 / 00:00:00