• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi & Pariwisata

Transaksi Elpiji dari Pangkalan ke Agen di Denpasar Bisa Gunakan Link Aja

22 August
18:22 2019
2 Votes (5)

KBRN, Denpasar : Link Aja menjadi platform national e-payment yang diinisiasi sejumlah lini perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kepemilikan saham Link Aja tersebar dibeberapa BUMN tanah Air. 

Telkomsel menjadi pemegang saham terbesar yaitu 25% serta Bank Mandiri, BNI, dan BRI masing-masing 20%. Sisanya dimiliki Pertamina, dan BTN 7% serta Jiwasraya, dan Danareksa masing-masing 0,5%. 

Peron pembayaran elektronik nasional ini diluncurkan Wakil Presiden, Muhammad Jusuf Kalla, Minggu (30/6/2019). Pasca peluncuran, perusahaan BUMN pemegang saham terbilang masif memasyarakatkan penggunaan Link Aja. 

Contohnya PT. Pertamina (Persero) yang menargetkan 5.500 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) bisa melayani pembayaran Link Aja. Dari jumlah itu setidaknya 22.000 mesin akan bisa membaca quick response (QR) Code Link Aja. Tidak hanya SPBU, kode QR Link Aja juga bisa digunakan disejumlah agen dan pangkalan elpiji. 

Manager Domestic Gas Pertamina MOR V, Hardjono mengatakan, Bali menjadi pilot project penggunaan Link Aja untuk penebusan elpiji dari pangkalan ke agen. Pada tahap awal, uji coba dilakukan di 2 agen elpiji 3 kilogram, dan 29 pangkalan elpiji 3 kilogram di wilayah Denpasar. Total transaksi ditarget sebesar Rp1.304.908.000 atau 98.960 tabung per bulan. 

"Ini kita akan uji coba sampai Desember. Kalau nanti ini berhasil, kita akan usulkan ke pusat, supaya diberlakukan secara regional dan nasional. Uji cobanya di Denpasar, kalau ini sukses, ini akan dilakukan secara nasional," ungkapnya kepada wartawan disela-sela kegiatan simbolis penebusan LPG 3 kg di Pangkalan LPG 3 kg Toko Mahendra Jalan Badak Agung, Renon, Denpasar, Kamis (22/8/2019). 

Hardjono menyebut, penggunaan Link Aja dengan metode non-tunai akan mempermudah proses pembayaran. Pembayaran diklaim lebih cepat, dan agen atau pangkalan tidak perlu lagi menyiapkan uang kembalian. 

"Mekanismenya agen datang datang ke pangkalan, nanti pas kirim tabung, mereka mengetap, bayar pakai Link Aja. Selama ini hanya dilakukan dari bank ke bank. Selama ini sudah dilakukan juga cashless, tetapi itu antara agen dengan bank. Tetapi dengan adanya Link Aja ini, karena kita memiliki saham disana (di Link Aja), jadi bisa menambah keuntungan juga buat Pertamina dengan penggunaan Link Aja ini," paparnya. 

"Pembayaran lebih cepat, tidak ada kembalian segala macam, tinggal kita tap, langsung keluar uangnya. Yang kedua kita juga mengatur, memantau berapa kecepatannya dan pembayaran-pembayaran dari agen ke pangkalan," lanjutnya. 

Pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis Dexlite untuk agen LPG di 5 SPBU di Kota Denpasar juga bisa menggunakan aplikasi Link Aja. Lima SPBU tersebut meliputi SPBU 54.801.11 Jalan Gatot Subroto, SPBU 54.801.35 Jalan Gatot Subroto Tengah, SPBU 54.801.36 Jalan Gatot Subroto Barat,  SPBU 51.801.30 Jalan Hayam Wuruk Denpasar, dan SPBU 54.801.43 Jalan Hang Tuah. Selain itu, saat ini di wilayah Denpasar telah ada 37 Pangkalan LPG yang menerima pembayaran via LinkAja. 

“Dengan menggunakan aplikasi ini maka antara agen dan pangkalan jadi lebih mudah dan efisien,” ucapnya. 



tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
LIVE
Radio Picture RRI Denpasar
00:00:00 / 00:00:00