• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

MPLS, Sekolah Kampanyekan Pengurangan Sampah Plastik

17 July
19:58 2019
1 Votes (5)

KBRN, Denpasar : Sebanyak 346 siswa ambil bagian dalam masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) tahun pelajaran 2019/2020 di SMK PGRI 4 Denpasar. Peserta didik baru terbagi kedalam 3 program keahlian, yaitu Multimedia, Akomodasi Perhotelan, dan Kuliner (Jasa Boga). 

Kepala SMK PGRI 4 Denpasar, I Ketut Suarya mengakui, jumlah penerimaan siswa baru tahun ini kurang optimal. Hal itu lantaran carut marutnya proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) di sekolah negeri. 

"Target kami kan 380 atau 400, tetapi yang hadir, yang kita terima sebenarnya yang sudah bayar itu 354, tetapi yang ikut MPLS sampai hari ini 346," ungkapnya kepada wartawan disela-sela penutupan MPLS di sekolah setempat, Rabu (17/7/2019). 

Terkait MPLS, SMK PGRI 4 Denpasar menekankan tentang pembentukan karakter, kedisiplinan, dan menjaga semangat gotong royong. Pembentukan karakter difokuskan pada penguatan jati diri peserta didik sebagai masyarakat Bali yang berbudaya. Berbudaya dalam hal ini adalah mampu menghargai sesama. 

"Yang paling penting itu anak-anak disamping disiplin, mengenal lingkungan sekolah, dan bisa menjaga kebersihan. Terutama sesuai dengan Peraturan Gubernur itu, kalau bisa meminimalisir sampah plastik," katanya. 

Upaya meminimalisasi sampah plastik disebut sudah diimplementasikan selama masa pengenalan lingkungan sekolah. Salah satunya dengan melarang peserta didik membawa minuman dalam kemasan plastik. 

"Kalau makan, saya tidak kasih dia bawa minuman dari plastik, dia bawa botol dari rumah. Dan nasi yang kita berikan, karena dia tidak bawa nasi, sekolahnya yang menyiapkan nasi jenggo yang dibungkus dengan daun selama MPLS, dan airnya dia (peserta didik) bawa sendiri. Kalau kita kasih air mineral dengan kemasan botol plastik kan sama saja bohong," tutup Suarya. 



tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
LIVE
Radio Picture RRI Denpasar
00:00:00 / 00:00:00