• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ruang Krama Bali

3 Tips Jitu Hadapi Gempa Bumi

16 July
10:10 2019
3 Votes (5)

KBRN, Denpasar : Bali diguncang gempa berkekuatan 6,0 SR, pada Pukul 08.18 WITA, Selasa (16/7/2019). Tidak sedikit masyarakat yang tengah beraktivitas dibuat kalang kabut oleh gempa yang berpusat di Nusa Dua, atau bagian selatan Bali itu.

 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali, Made Rentin mengimbau masyarakat tetap tenang ketika menghadapi gempa. Menurutnya tiga langkah harus dilakukan, jika sewaktu-waktu terjadi gempa bumi.

 

"Kalau menghadapi gempa, siapapun tidak bisa memprediksi kapan gempa itu akan terjadi, berkekuatan berapa? Yang bisa kita lakukan, kami mengimbau kepada seluruh seluruh masyatakat, kepada publik, krama (warga) Bali khususnya, ketika tiba-tiba terjadi gempa, yang paling pertama harus kita lakukan adalah, don't panic, jangan pernah panik, kelabakan, apalagi sampai mengambil langkah yang singkat," ungkapnya kepada RRI di Denpasar, Selasa (16/7/2019).

 

"Kita ambil contoh seorang pejabat yang berada di lantai tiga sebuah hotel, begitu ada getaran gempa yang tidak terlalu besar, karena saking paniknya dia lompat dari lantai tiga. Ini justru berbahaya. Sesungguhnya gempanya tidak mematikan, tetapi efek dari gempa yang sampai meruntuhkan infrastruktur, itulah yang justru mematikan," lanjutnya.

 

Langkah kedua yaitu melindungi kepala dengan tangan. Hal itu sebagai upaya refleks yang bisa dilakukan untuk meminimalisasi benturan fatal. Sedangkan upaya terakhir adalah secara perlahan menuju titik kumpul aman.

 

"Sehingga terjadi gempa susulan dari gempa yang awal itu. Biasanya kan secara teori, walaupun belum terbukti, gempa susulan yang justru lebih besar biasanya. Oleh karena itu tetap tenang, lindungi kepala, berangsur-angsur untuk keluar dari gedung. Jangan tetap berada didalam gedung. Sementara waktu berada di tanah lapang, atau tempat berkumpul," bebernya.

 

Setelah berada di titik kumpul aman, masyarakat diminta menunggu informasi resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Ketiga langkah itu diyakini mampu menekan dampak negatif yang timbul akibat gempa bumi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
LIVE
Radio Picture RRI Denpasar
00:00:00 / 00:00:00