• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Pesona Nusa Dua Fiesta Perkuat Potensi "Sport Tourism" Badung

25 September
16:59 2018
0 Votes (0)

KBRN, Mangupura : Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) akan kembali menggelar Pesona Nusa Dua Fiesta. Event yang memasuki tahun ke-22 itu berlangsung selama 2 hari (28 & 29 September 2018) di Pulau Peninsula, Kawasan The Nusa Dua. Tema Pesona Nusa Dua Fiesta 2018 yaitu "Quintessentially Indonesia". 

Berbagai acara disuguhkan dalam Pesona Nusa Dua Fiesta 2018 diantaranya Mandiri Badung International Night Run 2018, Tradatu Kolosal Performance, Fire Art Kolosal, Body Painting, Culinary Station, Food Truck, dan Exhibition. Tidak hanya itu Pesona Nusa Dua Fiesta 2018 juga menampilkan sederet nama musisi Ibukota seperti Gigi, Adera, dan Ginda Bestari. 

Salah satu yang menarik adalah Mandiri Badung International Night Run 2018. Mandiri Badung International Night Run bertemakan "Run Accros The Sea - Chasing The Sunrise" merupakan lomba lari malam pertama di Bali. Para peserta dapat menikmati sensasi berlari di Jalan Tol Bali Mandara pada dini hari. 

Kepala Divisi Komersial ITDC The Nusa Dua Anak Agung Istri Ratna Dewi menjelaskan, Mandiri Badung International Night Run 2018 akan dilaksanakan mulai Pukul 00.00 - Pukul 08.00 WITA. Sebanyak 3.000 peserta domestik dan mancanegara ditargetkan hadir dalam event yang diselenggarakan Minggu (30/9/2018). 

Dalam Mandiri Badung International Night Run 2018 diperlombakan 5 kategori, meliputi Full Marathon (42K), Half Marathon (21K), 10K, 5K, dan 3K. 

"Sampai saat ini peserta dari 20 negara yang 17 orang diantaranya asal Kenya sudah memastikan ambil bagian dalam Mandiri Badung International Night Run 2018. Selain konsepnya yang luar biasa, lomba lari malam pertama di Bali ini juga menawarkan hadiah hingga Rp.500 juta," katanya kepada wartawan di rumah jabatan Bupati Badung, Selasa (25/9/2018). 

Managing Director ITDC, I Wayan Karioka pada kesempatan yang sama mengemukakan, Mandiri Badung International Night Run 2018 merupakan upaya pihaknya mengatrol potensi sport tourism di Bali. Selain leisure, dan MICE (Meeting, Insentive, Convention, and Exhibition), Sport Tourism dikombinasikan dengan budaya Pulau Dewata dinilai memberikan variasi menarik bagi wisatawan mancanegara. 

"ITDC menganggap ini penting dan kami mendukung, dan sebagai bagian dari acara puncak Mandiri Badung International Night Run 2018 ini kami rangkai dengan Pesona Nusa Dua Fiesta. Harapan kami adalah kegiatan-kegiatan ini dapat memberi kontribusi yang baik bagi pertumbuhan turis baru di Bali," ungkapnya. 

Dikatakan Pesona Nusa Dua Fiesta dan Mandiri Badung International Night Run tahun ini sangat spesial karena berdekatan dengan IMF-World Bank Group Annual Meeting. Pihaknya berharap, sebagian delegasi yang sudah hadir di Bali akhir pekan ini dapat terhibur dengan adanya pelaksanaan Pesona Nusa Dua Fiesta dan Mandiri Badung International Night Run 2018.

"Dan lebih spesifik lagi, dan lebih istimewa lagi bahwa event ini berdekatan dengan event annual meeting IMF-World Bank yang akan diadakan pada tanggal 8 sampai dengan 14 Oktober 2018. Event ini merupakan rangkaian yang kita berikan menjadi pra-event dari IMF itu, karena delegasi-delegasi yang berkunjung ke Nusa Dua sudah mulai berdatangan di pekan terakhir September ini. Jadi dari 15 ribu delegasi pada puncak acara nanti, sebagian besar diakhir September ini sudah datang," ucap I Wayan Karioka. 

Sementara Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta mengapresiasi ide pelaksanaan ide lomba lari diatas Jalan Tol Bali Mandara. Pihaknya beranggapan event tersebut sejalan dengan program optimalisasi sport tourism yang tengah dilakukan Pemerintah Kabupaten Badung.

"Jadi untuk sport tourism atau sport destination ini bukan hanya ini. Tahun depan rencananya ada lomba menembak, dan kami akan mengundang para penembak-penembak jitu dari internasional begitupun nasional. Belum juga skinya, belum bola voli pantainya," ujarnya. 

"Sesungguhnya kami sudah kemas kaitannya dengan promosi ini, yang harus kita lakukan di daerah adalah festival budaya bahari. Saya ingin melibatkan semua, misalkan GIPI (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia), ASITA, dan PHRI," imbuh Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta. 

Direktur Keuangan PT. Jasamarga Bali Tol, Sukariyadi Rudi Meidiyanto menjelaskan, pihaknya mendukung pelaksanaan Mandiri Badung International Night Run 2018. Dukungan itu melalui sterilisasi jalur tol Bali Mandara yang akan digunakan para peserta lomba lari malam tersebut.

"Dukungan dari PT. Jasamarga Bali Tol yang mana aktivitas ini sudah kami lakukan perizinan di Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang mana akan ada penutupan sementara jalan tol di Tanggal 30 September 2018 pada Pukul 00.00 sampai dengan Pukul 08.00 WITA," jelasnya. (HRO) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
LIVE
Radio Picture RRI Denpasar
00:00:00 / 00:00:00