• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kondisi Terkini Gunung Agung, Potensi Letusan Sangat Besar Masih Kecil

12 July
13:29 2018
0 Votes (0)

KBRN, Denpasar: Beberapa hari terakhir aktivitas vulkanik Gunung Agung mengalami penurunan dibandingkan kondisi awal Juli lalu.

Kasubid Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Devi Kamil Syahbana dihubungi RRI Kamis, (12/7/18) mengatakan saat ini kondisi Gunung Agung relative lebih tenang. Erupsi kecil maupun erupsi strombolian diakui masih memungkinkan terjadi. Namun untuk kemungkinan erupsi eksplosif atau skala besar, dari hasil pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi bencana Geologi (PVMBG) potensinya saat ini tergolong kecil.

“Itu memang tergantung gunungnya nanti. Saat ini memang potensi untuk terjadi erupsi yang sangat besar itu masih kecil, belum ada indikasi bahwa gunung akan erupsi sangat besar. Tapi untuk terjadi erupsi strombolian dan erupsi dalam skala kecil itu masih memungkinkan,” jelasnya.

Ditanya volume magma dalam tubuh Gunung Agung, menurut Devi Kamil Syahbana, magma yang masih terus bergerak jumlahnya kurang dari 1 juta meter kubik.

“Kalau dari hasil pemantauan peralatan kami, jumlah magma di dalam tubuh gunung yang masih bergerak terus itu jumlahnya masih kurang dari 1 juta meter kubik,” ungkapnya.

Kasubid Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur itu menambahkan meski saat ini aktivitas vulkanik Gunung Agung mengalami penurunan, namun masyarakat dihimbau tetap waspada dan berhati-hati. Bahaya lontaran lava pijar, batu, pasir, maupun kerikil yang terbawa saat terjadi erupsi dapat terjadi sewaktu-waktu. Namun untuk radius bahaya sampai saat ini masih berada 4 kilometer dari kawah puncak Gunung Agung.(NPN-SW)


  • Tentang Penulis

    Ni Putu Nirawati

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

  • Tentang Editor

    I Wayan Sukawinaya

    Kasi Olah Raga

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
LIVE
Radio Picture RRI Denpasar
00:00:00 / 00:00:00