• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Sejak Semalam, Gunung Agung Hanya Berhembus

12 July
12:16 2018
0 Votes (0)

KBRN, Denpasar: Sejak semalam hingga pukul 12.00 wita siang ini Gunung Agung hanya terekam mengalami hembusan sebanyak 6 kali dengan amplitude 5-11 mm berdurasi 15 -118 detik.

Petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi PVMBG Wahyu Ardi Setiawan Kamis, (12/7/18) mencatat secara visual Gunung Agung masih mengeluarkan asap berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tipis dengan ketinggian mencapai 300 meter diatas puncak kawah. Terkait status Gunung Agung, PVMBG masih menetapkan berada di level III atau siaga dengan sejumlah rekomendasi diantaranya penetapan radius bahaya 4 kilometer dari Kawah Puncak Gunung Agung.

“Gunung jelas hingga kabut 0-II. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tipis hingga sedang dan tinggi 300 m di atas puncak kawah,” ujarnya.

Selain itu dalam radius 4 kilometer tersebut tidak diijinkan ada aktivitas apapun karena dapat membahayakan masyarakat, pengunjung maupun wisatawan. Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak.

Terkait data pengungsi, update data terakhir menunjukkan jumlah pengungsi 4.064  jiwa tersebar di 54 titik pengungsian. (NPN-SW)

  • Tentang Penulis

    Ni Putu Nirawati

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

  • Tentang Editor

    I Wayan Sukawinaya

    Kasi Olah Raga

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
LIVE
Radio Picture RRI Denpasar
00:00:00 / 00:00:00