• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosbud

Dramatari Wayang Wong Ala Siswa SMK 4 Bangli

12 July
11:14 2018
0 Votes (0)

KBRN, Denpasar: Siswa siswi SMK Negeri 4 Bangli dengan apik menampilkan garapan Dramatari Wayang Wong Ramayana dengan lakon Hanoman Duta di Kalangan Angsoka Taman Budaya Denpasar Kamis, (12/7/18).

Penggarap seni Putu Deddy Puspantara menjelaskan lakon Hanoman Duta menceritakan kisah kera sakti Hanoman yang diutus raja Rama  untuk memastikan keadaan istri Sang Rama Dewi Sita yang diculik Raja Alengka Rahwana.

"Yang spesial adalah bentuk garapan Wayang Wong ini kami padukan dengan inovasi, tidak seperti wayang wong tradisi yang biasa dipentaskan. Lakonnya ini menceritakan saat Dewi Sita diculik Rahwana gundahlah Prabu Rama sehingga dia berkeinginan melihat situasi di Alengka. Berkaitan dengan itu maka diutuslah Hanoman untuk menyelidiki keberadaan Dewi Sita," tuturnya.

Putu Deddy Puspantara lebih lanjut mengatakan dalam garapan tersebut juga menampilkan kreasi gamelan, dan tari-tarian namun tanpa melalaikan pakem dramatari yang sesungguhnya. Bila dikaitkan lakon tersebut dengan tema Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-40 Teja Dharmaning Kahuripan (Api Spirit Penciptaan) dalam pementasan juga mengisahkan adegan Hanoman yang dibakar api kemarahan Prabu Rahwana, namun dengan cerdiknya Hanoman yang sakti justru membalikkan keadaan, api kemarahan Rahwana itu justru membakar Puri Alengka.

"Garapan kami sangat mengena sekali dengan tema PKB, dimana api kemarahan Rahwana membakar Hanoman namun dengan kekuatannya Hanoman melompat ke sana kemari membawa api tersebut dan membuat Alengka terbakar," ujarnya.

Penggarap seni yang juga guru SMK Negeri 4 Bangli tersebut menambahkan, meski di era globalisasi saat ini sebagai penggiat seni mengaku bersyukur dapat tampil di PKB selama beberapa kali. Sebagai seniman Deddy Puspantara meyakini kesenian Bali akan tetap lestari meskipun pengaruh globalisasi semakin sulit dibendung. Hal itu dibuktikan dengan keaktifan SMKN 4 Bangli tampil dalam berbagai event baik lokal Kabupaten maupun Propinsi.(NPN-SW)

  • Tentang Penulis

    Ni Putu Nirawati

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

  • Tentang Editor

    I Wayan Sukawinaya

    Kasi Olah Raga

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
LIVE
Radio Picture RRI Denpasar
00:00:00 / 00:00:00