• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosbud

Korem 163/Wirasatya Gelar TMMD ke-102 di Jembrana

10 July
15:50 2018
0 Votes (0)

KBRN, Mendoyo : Korem 163/Wirasatya menggelar kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 di Desa Delod Berawah, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana. Kegiatan yang berlangsung 29 hari (10 Juli 2018 - 08 Agustus 2018) itu melibatkan 150 personel gabungan.

 

Bupati Jembrana, I Putu Artha usai membuka kegiatan tersebut, Selasa (10/7/2018) mengapresiasi kepedulian TNI terhadap upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ia pun menyebut, Jembrana selalu mendapatkan jatah TMMD setiap dua tahun sekali. Diakui, pelaksanaan TMMD sangat membantu pemerintah daerah dalam mengakselerasi pemerataan pembangunan.

 

"Saya sebagai pemerintah daerah berterima kasih sama TNI, dari Pak Danrem juga sama jajarannya sudah memilih daerah kami di Jembrana ini khususnya di Delod Berawah untuk dilaksanakan TMMD, supaya betul-betul dalam hal ini tidak hanya penggerakan fisik saja, tetapi juga masalah mental spiritual untuk warga yang ada di daerah Delod Berawah ini," katanya.

 

Komandan Korem 163/Wirasatya, Kolonel Arh. Albertus Magnus Suharyadi pada kesempatan yang sama menjelaskan pihaknya melaksanaan TMMD sebanyak dua kali dalam setahun. Pemilihan lokasi dikatakan mengacu pada urgensi dan keperluan mendesak masyarakat dalam pengembangan potensi wilayah.

 

"Dalam satu tahun dua kali, kemudian kita tidak terfokus pada satu tempat tetapi kita akan bergilir. Tiap kota itu ada satu dalam satu periodenya itu. Jadi kalau satu tahun dua kali berarti tiap Korem ada dua kali TMMD. Yang kebetulan tahun ini salah satunya di Kodim 1617/Jembrana," jelasnya.

 

Danrem 163/Wirasatya mengemukakan, pada TMMD ke-102 pihaknya memiliki dua sasaran yaitu fisik dan non fisik. Sasaran fisik berupa pembangunan MCK, dan pembangunan 1 unit bedah rumah untuk warga atas nama I Made Sudi Sinarbawa.

 

Sedangkan non fisik berupa penyuluhan/ceramah kesadaran berbangsa dan bernegara, kesadaran bela negara dan cinta tanah air, penyuluhan tentang radikalisme dan terorisme serta penyuluhan toleransi kehidupan beragama. Secara kesuluruhan, dalam TMMD ke-102 itu dialokasikan anggaran sebesar Rp1 miliar.

 

"Target fisik seperti yang kita ketahui seperti pembangunan MCK, tempat makepung, rambat dan sebagainya. Tetapi harus dipahami bahwa sasaran TMMD disamping aspek fisik terciptanya keamanan juga aspek non fisik kemudian terciptanya kesejahteraan, tentu tidak boleh mengabaikan kearifan lokal. Inilah yang harus dikombinasikan diantara para Dandim dengan kepala daerah setempat, karena otoritas ada di kepala daerah," imbuh Komandan Korem 163/Wirasatya, Kolonel Arh. Albertus Magnus Suharyadi. (HRO/Foto:KBRN)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
LIVE
Radio Picture RRI Denpasar
00:00:00 / 00:00:00