• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

20 Kapal Ikan di Pelabuhan Benoa Dilalap 'Si Jago Merah'

9 July
10:08 2018
0 Votes (0)

KBRN, Pelabuhan Benoa : Puluhan kapal ikan yang biasanya ditambatkan di Dermaga Barat Pelabuhan Benoa dilalap si jago merah. Kebakaran hebat itu terjadi Senin (9/7/2018) sekitar Pukul 01.55 WITA bertempat di Dermaga Barat Pelabuhan tepatnya didepan  PT AKFI Benoa.

Saksi mata yang juga Anak Buah Kapal (ABK) Cilacap Jaya Karya bernama Supriyanto (28) menerangkan, awal mula kejadian itu diketahui ketika dirinya akan memeriksa kekamar mesin akibat lampu penerangan di kapalnya mati. Namun ketika akan memasuki kamar mesin, ia telah melihat adanya api mengepul. Namun karena kencangnya angin yang berhembus ditambah parkir kapal yang berdekatan, menyebabkan cepatnya api tersebut merembet. 

"Pukul 24.00 WITA saya tidur diatas kapal Cilacap Jaya Karya dan sekitar Pukul 01.55 WITA saya bangun karena di kapal lampu mati, dan gelap. Setelah bangun saya langsung ke kamar mesin, ternyata sudah ada api mengepul dan menyala diatas. Karena angin kencang serta parkir berdempetan, kemudian api merembet ke kapal ikan PT. Intimas Surya dan PT. Bandar Nelayan. Kurang lebih jumlah kapal ikan yang terbakar 20 unit, dan api belum bisa dipadamkan," ungkapnya. 

Kepala Bidang Humas Polda Bali, Kombes Pol Hengky Widjaja kepada wartawan mengemukakan, para ABK telah melakukan pemadaman awal sebelum petugas terkait tiba di lokasi. 

"Upaya pemadaman dilakukan oleh para ABK dengan tabung gas, alat pemadam kebakaran serta melepas tali kapal untuk dilepaskan dengan yang lain. Hal itu dilakukan agar tidak lebih banyak kapal yang terbakar," jelas Hengky kepada wartawan, Senin (9/7/2018). 

"Telah dilakukan juga pemadaman oleh petugas dari Pemadam Kebakaran yang menurunkan 4 unit kendaraan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah sebanyak  4 unit dan Pemadam Kebakaran Pelabuhan Benoa sebanyak 2 unit. Namun karena lokasi parkir kapal satu ke kapal lainnya yang sangat berdekatan dan sangat jauh dari tepi darmaga, sehingga proses pemadaman kebakaran sangat sulit," imbuh Kepala Bidang Humas Polda Bali, Kombes Pol Hengky Widjaja.

Hengky mengaku belum menerima laporan terkait adanya korban jiwa. Sedangkan untuk perkiraan kerugian materi, masih dalam penyelidikan. (HRO)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
LIVE
Radio Picture RRI Denpasar
00:00:00 / 00:00:00