• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Menteri Desa PDTT RI, Kunjungi Sejumlah Proyek PKT di kabupaten Gianyar

6 July
20:45 2018
0 Votes (0)

KBRN,Denpasar:Menteri Desa,Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Eko Putro Sandjojo,BSEE,M.BA, mengunjungi sejumlah proyek di Kabupaten Gianyar pada  Jumat (6/7/2018). Kunjungannya direncanakan selama dua hari  akan mengunjungi sejumlah proyek pembangunan padat karya tunai yang dananya bersumber dari dana desa. Kunjungannya diawali di Wantilan Pura Gegaduhan Desa Singakerta, Kecamatan Ubud Gianyar.

Seperti pembangunan perbaikan dan pemeliharaan saluran irigasi beton Subak Mandi Delod Tukad, Desa Singakerta Ubud, sepanjang 64 m2 (337 m) dengan dana Rp. 78,364,850.00.  Perbaikan jalan lingkungan dengan paving di Desa Sayan  Ubud sepanjang 2422 m2 dengan biaya Rp. 461,204,650.00.  pembangunan lain yang dikunjungi  adalah pembangunan penangkaran burung Kokokan Br. Petulu Gunung sebanyak 1 unit, dengan total biaya Rp.259,357,650.00.

Pada kesempatan itu Menteri Eko Putro Sandjojo juga memberikan masukan pada para perbekel yang hadir, bahwa penggunaan dana desa tidak hanya bisa digunakan untuk membangunan fisik atau infrastruktur saja. Namun juga dimaanfaatkan untuk kegiatan lain seperti misalnya pengentasan kemiskininan, kesehatan maupun pengelolaan lingkungan hidup. Misalkan saat ini yang lagi tengah disorot adalah penangan masalah stanting. Dana desa bisa digunakan program kegiatan peningkatan kebutuhan gisi, sehingga kasus stanting dapat ditekan.

Bahkan Menteri Eko Putro juga mengatakan dana desa juga bisa digunakan untuk pengelolaan sampah di desa melalui bank sampah. Bank sampah yang dibentuk dengan dana desa bisa dikelola hingga menghasilkan penghaasilan bagi desa.

Pada kesempatan itu Menteri juga mengapresiasi keberhasilan pemkab Gianyar karena  dana desa sudah dicairkan  tahap pertama dan tahap kedua. Ini merupakan keberhasiln tersendiri , dimana ada daerah lainnya ada yang belum dicairkan tahap kedua.

“ Dan mudah mudahan sudah tersalurkan ke desa desa penerima hingga seratus persen, dan sekilas saya melihat di kabupaten Gianyar pembangunan infrastruktur di desa-desa sudah sangat bagus, jadi pengunaan dana desa bisa diarahkan ke non fisik,” kata Menteri Eko Putro. (NNK-SW)

  • Tentang Penulis

    Ni Nyoman Kasih

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

  • Tentang Editor

    I Wayan Sukawinaya

    Kasi Olah Raga

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
LIVE
Radio Picture RRI Denpasar
00:00:00 / 00:00:00