• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KOTA CIREBON

Perjalanan Sejumlah Kereta Api Terganggu Akibat Banjir Pantura

13 February
21:32 2018
0 Votes (0)

KBRN,Cirebon; Banjir yang melanda kawasan pantura, Senin (12/2/2018), telah berdampak terhadap operasional kereta api (KA) melalui Cirebon, terutama untuk KA lintas Jakarta atau Bandung tujuan Tegal, Semarang danSurabaya Turi.

Sejumlah perjalanan kereta harus dialihkan dan sebagian lagi dibatalkan perjalanannya.

Hal tersebut dikarenakan terdapat jalur rel yang terendam banjir sehingga tidak bisa dilalui kereta api.

Humas Daop 3 PT KAI Cirebon Krisbiantoro ketika dikonfirmasi menyampaikan, jalur KA yang terendam banjir, berada di km 155 + 4/9 lintas Brebes-Tegal tepatnya desa Krandon kelurahan Krandon Kecamatan Margadana.

“Terdapat jalur kereta api yang terendam banjir sepanjang 200 meter di jalur hulu dan di jalur hilir juga mengalami gogos atau landasan batu kricak hanyut terbawa derasnya air di 5 titik yang kedalamannya mencapai 1meter dan panjang gogosan masing-masing hingga 3 meter,” jelas Kribiantoro.

Disebutkan, perjalanan sejumlah KA yang terdampak banjir , mengalami keterlambatan antara 120 menit sampai 180 menit. KA tersebut  meliputi KA Argo Bromo Anggrek dari arah Jakarta tujuan Surabaya, KA Argo Muria Gambir  tujuan Semarang, KA Ciremai bandung – Semarang, KA Tegal Ekspres Jakarta Pasar Senen – Brebes, KA Jayabaya Jakarta Pasar Senen – Malang, KA Tegal Bahari Jakarta Gambir – Brebes.

Sedangkan dari arah Semarang, meliputi KA Menoreh Semarang Tawang – Jakarta Pasar Senen, KA Argo Bromo Anggrek – Jakarta Gambir dan KA Tegal Ekspres Brebes – Jakarta Pasar Senen.

“Untuk menekan kelambatan, dilakukan dengan pengalihan jalur KA atau jalan memutar, dari Cirebon Prujakan ke arah selatan melalui Ciledug hingga Prupuk dan selanjutnya lewat Slawi, Tegal dan masuk ke lintas utara. KA tersebut, dari arah Jakarta meliputi KA Argo Bromo Anggrek, dan Argo Muria, dari Bandung Ciremai, dari arah Semarang KA Menoreh dan Argo Bromo Anggrek.,” ungkapnya.

Ditambahkan, selain mengalihkan jalur perjalanan KA, PT KAI juga terpaksa membatalkan perjalanan KA Kaligung relasi Brebes-Semarangponcol. Calon penumpang yang sudah membeli tiket, dapat melakukan pengembalian bea di stasiun keberangkatan, Brebes.

“PT. KAI Daop 3 Cirebon menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat pengguna jasa kereta api yang terkena dampak kelambatan KA akibat banjir di Brebes dan akan melakukan langkah-langkah untuk segera melancarkan perjalanan KA dengan tetap mengutamakan keselamatan. Atas keterlambatan itu juga diberikan kompensasi Service Recovery berupa snack dan minuman ringan kepada penumpang,” imbuhnya. (Azi S/Ciptati)

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00