• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KAB. MAJALENGKA

Desa Penyangga Dukung Keberlangsung Pabrik Gula Jati Tujuh

12 October
22:01 2017
0 Votes (0)

KBRN,Majalengka; Masyarakarta dan Kuwu atau Kepala Desa Pilang Sari Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka menyatakan mendukung penuh keberlangsungan aktifitas Pabrik Gula (PG) Jatitujuh.

Apalagi, sebagian besar warga Desa Pilangsari merupakan tenaga kerja penggarap kebuh tebu milik PG Jati Tujuh. Sehingga adanya gangguan keamanan eksternal di lahan tempat mereka mencari nafkah sehari-hari maka perlu disikapi dengan tegas.

Demikian antara lain hasil pertemuan segenap warga desa dan Kuwu serta dihadiri pihak PG Jati Tujuh di balai desa setempat.

“Jadi dalam pertemuan Kuwu dan warganya serta dihadiri unsure PG Jati Tujuh pada hari Sabtu malam 6 September lalu, dibahas berbagai persoalan menyangkut keberlangsungan pabrik gula serta adanya gangguan keamanan eksternal dari sekelompok massa yang menyerobot lahan kami yang selama ini digarap para petani kalangan wara Pilangsari,” jelas juru bicara yang juga Kepala Rayon PG Jatitujuh Adang Darmansyah kepada RRI, Senin (9/10/2017).

Pada malam pertemuan itu Kuwu Desa Pilangsari H. Didi Tarmadi menyampaikan keprihatinannya atas kondisi gangguan keamanan yang mempengaruhi aktifitas PG serta warga desa yang selama ini bekerja di lahan milik PG, karena sering mendapatkan ancaman dan intidasi dari pihak lain.

“Saya sangat prihatin dengan kondisi gangguan keamanan terhadap aktifitas PG, padahal dari sejarah PG Jatitujuh telah membawa dampak positif bagi pertumbahan masyarakat sekitar,” ungkap Kuwu H. Didi Tarmadi

Pada pertemuan itu disampaikan beberapa ide dan gagasan untuk menjaga situasi kondusif terutama menyangkut kerjasama antara Desa Pilang sari dengan PG Jatitujuh.

Terkait hal itu, kembali Adang Darmansyah menuturkan bahwa warga Desa Pilangsari memandang perlu adanya penertiban batas wilayah Majalengka dan Indramayu serta batas wilayah daerah penyangga agar masyarakat tahu persis yang mana wilayah Pilangsari dan yang harus dijaga keberadaannya dari gangguan.

Selain itu adanya kesepakatan Kontrak kerja Borong Pemeliharaan tanaman khususnya yang ada di desa Pilangasari, serta pembentukan forum Desa Penyangga Majalengka khususnya desa Pilangsari.

“Forum desa penyangga bertujuan untuk menjaga keberlangsungan aktifitas PG Jati 7, dengan demikian diharapkan permasalahan pengelolaan lahan PG segera terselesaikan dan para pekerja dilapangan dapat bekerja dengan nyaman dan aman,” imbuh Adang.( Ciptati Handayani)

 

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00