• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Bongkar Kasus Wahyu Setiawan, Harun Masiku Mesti Bicara

15 January
08:19 2020

KBRN, Jakarta : Selamat Pagi Indonesia. Harun Masiku alias HAR harus segera memberikan keterangan kepada penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengenai semua hal terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap mantan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) WA (Wahyu Setiawan). 

Penjelasan HAR adalah penting agar kasus OTT WS dan beberapa orang terkait lainnya menjadi terang. Hal ini bukan semata karena WS terkait dengan OTT senilai Rp 900 juta saja, melainkan ada hal lain yang perlu dijelaskan.

Seperti diketahui bahwa WS dikaitkan dengan OTT Rp 900 juta yang diduga untk memuluskan HAR menjadi anggota DPR RI dari daerah Pemilihan Sumatrra Selatan menggantikan Nazarudin Kiemas. Namun karena perolehan suara HAR sedikit, diduga ia berusaha memperoleh hak menggantikan Almarhum Nazarudin dengan berkongkalikong dengan WS, Komisioner KPU.

Penjelasan dan keterangan HAR sangat penting, sebab ada nama Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristyanto yang juga disebut-sebut. Hasto jelas membantah. Dan menyebut ada yang melakukan framing agar dirinya seolah terkait masalah itu. Inilah sesungguhnya yang perlu dijelaskan secara tuntas.

Bukan saja menyangkut Hasto secara pribadi, akan tetapi juga sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan dan nama besar partai berlambang banteng moncong putih tersebut secara keseluruhan.

Bila HAR tidak segera memberi keterangan, kasusnya menjadi liar. Ini berbahaya! Sebab bagaimanapun PDI Perjuangan adalah the ruling party, partai yang sedang berkuasa. Apapun dan bagaimanapun caranya, HAR harus segera memberi keterangan kepada KPK. Ini persoalan serius. Demikian komentar, Selamat pagi.

Penulis  :  Widhie Kurniawan, Pimred Pusat Pemberitaan 
Foto : Ant/Dhemas Reviyanto

Tentang Penulis

Miechell Octovy Koagouw

Miechell Octovy Koagouw Editor RRI

00:00:00 / 00:00:00