• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Saat Dunia Serukan Kedamaian Untuk Ketegangan AS dan Iran

11 January
07:25 2020

KBRN, Jakarta : Pasca serangan drone Amerika Serikat (AS) yang menewaskan pimpinan pasukan Quds, Soleimani, maka publik internasional seperti menunggu dua opsi, akankah pecah perang dunia ketiga karena hal ini atau perdamaian yang akan segera tercapai? Kalau ingin memprediksi, ya ini memang saat yg krusial. Kemungkinan pecahnya perang AS - Iran sempat menguat ketika pasca wafatnya Soleimani, Iran ganti menyerang pangkalan militer Amerika yang ada di Irak.

Walaupun AS mengklaim tidak ada korban tewas dalam serangan Irak tersebut namun sinyal balas dendam peperangan resmi dikirimkan. Yang menarik adalah ketika Presiden Trump kemudian juga menyampaikan keinginan untuk melakukan perdamaian dengan Iran. Apakah kemudian kekhawatiran berbagai negara justru akan terwujud? Tentu AS dan Irak punya hitung-hitungan tersendiri soal itu.

Tapi negara-negara diseputar Iran pun punya tugas sendiri. Sehingga ini kemudian tidak menjadi persoalan dua negara saja. Negara Indonesia misalnya, bertanggungjawab juga untuk mewujudkan perdamaian dunia diatas kepentingan kawasan dan lainnya. Negara-negara lainnya juga memiliki misi yang sama untuk mewujudkan perdamaian.

Namun sepertinya dibutuhkan Lembaga International yang memiliki kewenangan lebih tiinggi atau bahkan memiliki mekanisme sanksi, untuk berperan lebih aktif untuk mengendalikan keadaan akibat hubungan yang menegang antara AS-Iran.

Beberapa diantaranya sudah cukup dilakukan misalnya ketika AS menyatakan akan membombardir 52 situs bersejarah Irak, maka hal itu dihitung sebagai pelanggaran kesepakatan yang sudah ditandatangani sebelumnya. Saat ini sudah saatnya mekanisme-mekanisme kontrol dan sanksi semacam ini diharapkan agar bisa mengendalikan keadaan.

Penulis : Wenny Zulianti

Tentang Penulis

Mosita Dwi Septiasputri

Mositadwis@gmail.com

00:00:00 / 00:00:00