• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Mencermati Teror Bom di Thailand

3 August
18:14 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Perdana Menteri Thailand Prayut Chan O Cha memang harus merasa terpukul dengan adanya ledakan Bom Jumat (2/8/2019) pagi kemarin. Prayut Chan O Cha disoroti publik setempat karena sebelum memenangkan Pemilihan Umum Maret lalu adalah pemimpin Junta Militer yang mengambil alih kekuasaan tahun 2014. 

Prayut Chan O Cha dijagokan oleh partai Palang Pracharat yang sangat pro Militer. Sedangkan partai Oposisi Peu Thai gagal mengalahkan pendukung Junta. 

Ledakan Bom kemarin pagi sontak ditujukan kepada pihak penentang Junta Militer Motifnyapun langsung disebut sebagai penentang Junta Militer untuk mempermalukan Perdana Menteri Prayut CHan O Cha. Mempermalukan Prayut memang dapat diduga menjadi motif kuat, sebab pertemuan ASEAN dan Amerika Serikat sebagai mitra,  sedang membahas persoalan keamanan regional di kawasan. 

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo hadir dalan pertemuan tingkat menteri tersebut. Menteri Luar Negeri Indonesia,  Retno Marsudi diinfokan selamat pasca ledakan. 

Sesama negara di kawasan Asia Tenggara, apa yang terjadi dengan ledakan dan motifnya adalah masalah internal Thailand. Akan tetapi, dari segi isyu strategis di kawasan ASEAN,  Indonesia perlu memberi support penuh kepada pemerintah dan rakyat Thailand, sebab kondiai seperti itu dapat terjadi di mana saja,  termasuk di Indonesia. 

Indonesia memiliki hubungan dekat dengan Thailand. Kita berharap,  pihak keamanan Thailand berhasil meringkus pelaku dengan segera. Sebab isyu kawasan dapat dengan mudah diadopsi oleh negara tetangga. Demikian komentar.

Tentang Penulis

Widhie Kurniawan

Kapuspem RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00