• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

IPTEK - GAYA HIDUP

Peringati Hari Dharma Samudera 2020,J.Rapami Mantan Awak KRI Macan Tutul di Biak Terima Amanat Kasal

15 January
14:30 2020
0 Votes (0)

KBRN,Biak: Komandan Lanal Biak,Kolonel Laut (P)  Budi Darmawan Amran bertindak selaku inspektur upacara pada upacara Peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2020 dalam rangka mengenang pertempuran laut Arafuru,bertempat di lapangan upacara Mako Lanal Biak,Rabu (15/1/2020) pukul 07.50 Wit.

Turut hadir mengikuti upacara tersebut Kas Guskamla Koarmada III  Kolonel Laut (P) A.M Susanto,Asintel Guskamla Koarmada III Letkol Laut (P) Edo Bramesta,Danlanudal Biak Mayor Laut (T) Moeis Syaifudin,S.T,M.M,Pabandya Lidpulta Guskamla Koarmada III Mayor Laut (KH) Wawan Triyono dan peserta upacara diikuti 1 Pleton Pama,Bintara,Tamta dan PNS

Danlanal Biak dalam kesempatan itu membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M yang mengingatkan kembali hakikat peringatan Hari Dharma Samudera setiap tahunnya.

“Pertempuran Laut Arafuru yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962 merupakan peristiwa heroik dalam sejarah Angkatan Laut kita yang ditunjukkan pelaut-peluat kita dibawah kepemimpinan komodor Yos Sudarso. sebagai Prajurit Laut,yang menunjukkan keteladanan dan inspirasi kepemimpinan dalam melaksanakan tugas yang diemban, sifat rela berkorban dan ikhlas dalam bekerja merupakan nilai-nilai luhur yang ditunjukkan dalam peristiwa tersebut,”ujar Kasal dalam amanatnya.

Di era Revolusi industri 4.0 seperti saat ini, dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat dan pengaruh era globalisasi, tantangan kita sebagai garda pelindung keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia akan menjadi semakin kompleks. Prajurit TNI Angkatan Laut dituntut untuk lebih adaptif, produktif, berinovasi tinggi dan kompetitif dalam meningkatkan profesionalisme pelaksanaan tugas, dalam proses itu jangan sampai melupakan jati diri seorang Prajurit yang selalu berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI Angkatan Laut.

Pewarisan nilai-nilai kejuangan dalam peringatan ini juga mewakili sejumlah pertempuran Laut lainnya, misalnya pertempuran Laut Cirebon, pertempuran Teluk Sibolga, pertempuran Laut Malaka dan pertempuran Laut lainnya.

“Melalui  peringatan Hari Dharma Samudera ini, saya memberi penekanan  agar selalu tingkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,teladani nilai dan semangat kejuangan yaitu sikap ksatria, rela berkorban, pantang menyerah dan  ketiga agar pupuk jiwa patriotisme dan jati diri Prajurit Matra Laut, dan tingkatkan pengetahuan, latihan dan pendidikan guna menopang profesionalisme tugas yang semakin kompleks dan sarat akan teknologi,”kata Kasal

Usai upacara,Danlanal Biak didampingi Perwira Staf Lanal Biak memberikan tali asih kepada Istri almarhum Serka Saa Hasmaini Indra ,mantan Anggota Lanal Biak, dan juga menyerahkan amanat Kasal kepada J. Rapami selaku mantan awak KRI Macan Tutul di kediamannya di Jalan Pemda I No 29 Samofa Biak.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00