• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

POLHUKAM

Hari Armada RI Tahun 2019,Momen Memaknai Heroisme dan Pengabdian

5 December
12:21 2019
0 Votes (0)

KBRN,Biak:Komandan Lanal Biak Kolonel Laut (P) Budi Darmawan Amran pimpin Upacara Peringatan Hari Armada RI tahun 2019 bertempat di lapangan Upacara Lanal Biak,Kamis (5/12/2019) diikuti personel Lanal Biak,Guskamla Armada III dan Lanudal Biak, dengan Komandan Upacara Lettu Laut (K) Musman Saad  selaku Paur Urikes Rumkital dr. Ghandi A.T. 

Turut hadir KS Guskamla Armada III Kol. Laut ( P) A.M Susanto, SW,S.E,Aslog Guskamla Armada III Kol.Laut (T) Irwan Hardjunadi,S.T,Asintel Guskamla Armada III Kol.Laut ( P) Bimo Sutopo,Danlanal Biak Kol Laut (P) Budi Darmawan Amran, Danlanudal Biak Mayor Laut (T) Moeis Syaifudin, S.T, MM,Pgs.Palaksa Lanal Biak Kapten Laut (PM) Buang Kuswanto

Tema peringatan Hari Armada RI tahun 2019 yaitu  "Armada sebagai pengawal samudra siap mewujudkan prajurit pejuang, profesional, bermoral dan militan".

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dalam amanatnya yang dibacakan Danlanal Biak,mengungkapkan bahwa peringatan Hari Armada Ri setiap tahunnya tidak hanya sebuah kegiatan seremonial semata namun memiliki arti penting bagi segenap prajurit komando armada dimanapun bertugas.

“Momen yang hikmad ini dimaknai sebagai wujud rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa Komando Armada RI hingga saat ini masih menajdi pilar TNI Angkatan Laut dalam menegakkan kedaulatan dan keamanan negara di laut,selain itu sebagai momentum bagi prajurit TNI AL  untuk menghargai nilai heroisme dan semangat pengabdian tanpa pamrih para pendahulu dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan,”tutur Kasal dalam amanatnya

Kasal menambahkan dengan perkembangan lingkungan strategis dalam kurun waktu belkangan ini bahwa segala sesuatu yang terjadi saat ini semakin sulit untuk diprediksi dinamika keamanan di tingkat global dan regional yang cepat berubah idak menentu dan dinamis,telah menjadi faktor utama terbentuknya kompleksitas ancaman keamanan baik dalam bentuk nyata maupun tidak nyata yang membutuhkan kesiapsiagaan dalam menghadapi semua ancaman,gangguan,hambatan dan tantangan.

“Guna menjawab semau tantanagn yang tidak menentu,TNI AL melakukan pembangunan postur yang kuat,profesional dan modern yang diikuti dengan melakukan validasi organisasi salah satunya dengan telah disetujuinya di dalam Peraturan Presiden Nomor 66 tahun 2019 tentang Komando Armada RI ,maka Komando Armada RI akan membawahi tiga komando armada baik Koarmada I,Koarmada II dan Koarmada III maka dengan terbentuknya Koarmada RI dapat merespon cepat terhadap segala bentuk ancaman negara dapat dilaksanakan dengan tepat dan cepat,”ujarnya.

Kasal juga atas nama negara dan TNI serta TNI Angkatan Laut menyampaikan ucapan selamat kepada prajurit yang mendapat tanda kehormatan Satya Lencana Kesetiaan di lingkungan TNI Angkatan Laut atas pengabdian dan dedikasi yang telah diberikan,serta rasa bangga dan terimakasih kepada seluruh personil TNI AL serta dukungan mori; dari para sesepuh dan keluarga besar TNI AL yang telah membangun dan mengabdikan diri untuk kebesaran TNI AL.

Usai upacara dilaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Cenderawasih Biak,yang dipimpin Danlanal Biak Kol. Laut(P) Budi Darmawan Amran.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00