• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ruang Publik

2 Ton Sampah Terkumpul di Aksi WCD 2019 di Biak Numfor

21 September
20:35 2019
0 Votes (0)

KBRN,Biak:Gerakan bersih-bersih terbesar yang serentak dilaksanakan 21 September 2019,World Clean Up Day ( WCD) 2019,di Kabupaten Biak Numfor dipusatkan di kawasan Tiptop, Kelurahan Mandala Distrik Biak Kota,Sabutu (21/9/2019) mulai pukl 14.00 hingga 17,00 wit.

Menurut Koordinator WCD Kabupaten Biak Numfor,Olivia Rumere,dipilihnya kawasan Tiptop yang juga sebagai lokasi pelabuhan rakyat dengan aktifitas pelayaran dari Biak ke daerah kepulauan atau sebaliknya/ karena setiap hari menghasilkan sampah yang cukup banyak .

“Gerakan WCD  yang dilakukan serentak melibatkan lebih dari 600 relawan pada hari ini, kita berhasil mengumpulkan 2,5 ton sampah ddari lima titik di sekitar kawasan Tiptop,dan sampah tersebut sebagian besar kita serahkan ke bank sampah,dan yang lainnya di buang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA),”ujar Olivia Rumere.

Olivia menambhakan peserta yang mengikuti WCD 2019 di Biak cukup membludak dari perkiraan awal hanya mencapai seratus lebih peserta.

“Hari H pelaksanaan baru terdata 140an peserta namun saat pelaksanaannya,luar biasa warga masyarakat dari berbagai elemen masyarakat,baik pelajar,ASN, TNI Polri dan masyarakat lainnya  turut bersama-sama melakukan aksi ini serta ada dukungan armada sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Biak Numfor,sehingga kami beri apresiasia dan ucapan terimakasih kepada semua pihak”tuturnya.

Sementara ketua RT 8 RW4 Kelurhan Mandala Distrik Biak Kota,France Inarkombu/sangat berterimaksih adanya aksi bersih-bersih di kawasan Tiptop dan berharap kesadaran warga serta perhatian semua pihak/untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Saya mewakili warga di lingkungan kami di RW 8 RW4 mngucapkan terimkasih dengan adanya gerakan bersih-bersih karena kawasan ini memang terdapat banyak sampah dan kurang nyaman,meski kami terus berupaya memberikan pemahaman kepada warga namun sampah ini juga bukan berasal dari satu titik tapi banyak titik, sehingg akami butuh perhatian lebih dari Pemda serta masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan baik”ujar France Inarkombu.

WCD tahun ini tercatat sebanyak 13 juta relawan seluruh Indonesia khusus di Papua,dipusatkan di Jayapura dan Biak.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00