• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ruang Publik

Paska Kerusuhan disejumlah Daerah di Papua,Bupati Biak Numfor Ajak Warga Jaga Kondusifas Daerah

19 August
18:10 2019
0 Votes (0)

KBRN,Biak:Bupati Biak Numfor,Papua,Herry Ario Naap mengajak warga untuk tetap menjaga situasi yang aman dan kondusif paska adanya kejadian di Surabaya dan merembet pada kerusuhan di sejumlah daerah di Papua yaitu Manokwari dan Sorong.

Hal ini diutarakannya saat menggelar jumpa pers dengan awak media,berlangsung di  gedung Sasana Krida Kantor Bupati,Senin (19/8/2019). 

"Kami Pemda Biak Numfor menyatakan empati dan prihatin terhadap insden yang dialami mahasiswa Papua di Malang, Semarang dan Surabaya dan berharap hal tersebut tidak terulang lagi dan segera ditangani pihak keamanan sehingga kita semua tetap menjaga kondusifitas dan stabiltas NKRI,"ujar Bupati.

"Secara khusus kami sampaikan juga kepada aparat penegak hukum agar dapat melindungi adik-adik mahasiswa Papua yang tengah mengenyam pendidikan di luar Papua sehingga dengan tenang dapat mengikuti proses pembelajaran dalam rangka pengembangan SDM yang ada di tanah Papua dan Indonesia pada umumnya,"ungkapnya.

Lanjut Bupati Herry Ario Naap bahwa Papua adalah bagian dari NKRI sehingga SDM Papua yang menuntut ilmu di berbagai daerah di Indonesia harus saling menopang dan mendukung.

"Apabila adik-adik mahasiswa Papua yang tengah menuntut ilmu,terdapat sikap dan tindakan mereka yang kurang berkenan, kami harapkan Pemda setempat dam penegak hukum dapat merangkul dan  memberikan pemahaman pembinaan,"tutur Bupati.

"Selanjutnya kami menghimbau kepada seluruh masyarakat,tokoh agama,tokoh adat terutama kaum intelektual yang ada di tanah Papua,sebagai bentuk rasa persaudaraan dan  rasa empati kita terhadap saudara kita para mahasiswa,namun harus  tetap menjaga keamanan kondusifitas daerah kita,"tegasnya.

"Kita boleh menyampaikan aspirasi terkait insiden ini,namun dengan jelas dan elegan melalui media yang ada dan bukan dengan cara yang anarkis karena dampaknya akan kembali kepada kita,sehingga saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Biak tetap aman,tetap kondusif dan jangan terprofokasi dan jangan dipecahbelah oleh oknum yang mencoba membuat Indonesia menjadi pecah, kita tetap memiliki Pancasila sebagai dasar negara kita,"kata Bupati.

Bupati juga mengingatkan agar warga bijak menggunakan media sosial dan berharap pihak Kominfo maupun penegak hukum untuk memproteksi atau mencegah tidak berkembang luas informasi yang tiak akurat melalui medsos tersebut.

Sementara itu Wakapolres Biak Numfor Kompol Tonny Upuya didampingi Dandim1708/BN, Letkol Inf.Ricardo Siregar mengatakan kondusifitas di Kabupaten Biak Numfor tetap terjaga dan merupakan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat,baik tokoh agama adat,tokoh masyarakat, paguyunan dan masyarakat Biak Numfor.

"Kita butuh kerjasama semua pihak,TNI Polri,Pemda,Forkopimda dan semua komponen masyarakat untuk menjaga kamtibmas di Biak Numfor, dan hingga saat ini masih tetap aman,"tutur Wakapolres Kompol Tonny Upuya.

Hadir pada jumpa pers tersebut,Kajari Biak Numfor,Ketua Pengadilan Negeri Biak Numfor, Pasintel Lanal Biak,Ketua Klasis Biak Selatan,sejumlah tokoh masyarakat dan adat,serta pejabat di lingkup Pemda Biak Numfor.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00