• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

IPTEK - GAYA HIDUP

Ribuan Warga Biak Antusias Saksikan Parade Budaya Nusantara

13 August
20:39 2019
0 Votes (0)

KBRN,Biak: Parade budaya nusantara dalam rangka perayaan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Biak  Numfor,Papua,berlangsung meriah dan antusias disaksikan ribuan warga yang berada disepanjang jalan dari lokasi start di Mandala,jalan Achmad Yani dan  finish di jalan Imam Bonjol,Selasa (13/8/2019).  

Bupati Biak Numfor,Herry Ario Naa bersama Ketua Tim Penggerak PKK biak Numfor, Naomi Ruth Rumkabu Naap,turut serta berjalan kaki mengawali parade budaya nusantara dengan mengenakan baju adat Papua dan mahkota di kepala.

“Inilah Indonesia yang kaya akan ragam budaya dari Sabang sampai Merauke dan saya berharap ini akan diakomodir oleh Dinas Pariwisata menjadi sebuah Fetsival Parade Budaya Nusantara yang akan diselenggarakan setiap tahun sehingga ini dapat dianggarkan dan diprogramkan,”ujar Bupati Herry Ario Naap sebelum melepas peserta parade.

Peserta parade budaya nusantara selain berasal dari paguyuban nusantara diantaranya dari Sulawesi,Sumatera, Jawa,Bali  hingga Papua, juga berasal dari Distrik,Kelurahan,Dinas maupun Cabang Olahraga,mengenakan pakaian adat maupun pakaian yang dimodifikasi dengan design yang unik dan mampu menarik perhatian warga. Sejumlah peserat selain memebri penghormatan kepada Bupati,Ketua Tim Pengegrak PKK, Ketau DPRD dan unsure fokopimda di panggung kehirmatan, juga menyerahkan seserahan adat dari masing-masing daerah.

Sementera Ketua Panitia Perayaan HUT RI Kabupaten  Biak Numfor,Zackarias L.Meilowa mengatakan,parade budaya nusantara sebagai salah satu dari rangkaian kegiatan dan lomba yang digelar di tahun 2019 dan mampu menarik perhatian warga masyarakat.

“Ini sangat luar biasa karena langsung dihadiri Bupati,para kepala SKPD, peserta dari paguyuban-paguyuban dan elemen masyarakat lainnya,menunjukkan semangat nasionalisme yang tinggi di Kabupaten Biak Numfor untuk NKRI tercinta,meski berbeda-beda agama,suku,adat,budaya tapi  tetap satu,”ujar Zackarias L Meilowa.

Selanjutnya menurut  Zackarias Meilowa, rangkaian kegiatan perayaan HUT RI akan diakhiri dengan karnaval kendaraan hias yang akan digelar besok,Rabu(14/8/2019),sedangkan terkait kesiapan lokasi upacara 17 Agustus  di lapangan Cenderawasih Biak, telah mencapai 85 persen dan ditargetkan tuntas pada 15 Agustus 2019.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00