• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

POLHUKAM

Polres Biak Numfor Gelar Reka Ulang Kasus Pembunuhan Penjual Ikan

11 July
20:14 2019
1 Votes (1)

KBRN,Biak: Reka ulang kasus pembunuhan Ilham alias ilo (39 tahun) ,pedagang ikan di Biak yang melibatkan dua tersangka Rus  (22 tahun) dan Sul (28 tahun) dilakukan pihak Polres Biak Numfor,Papua, Kamis (11/7/2019) dengan menyisir sejumlah TKP dalam kasus pembunuhan tersebut, mulai pukul 10.30 hingga pukul 14.30 Wit .

Kapolres Biak Numfor AKBP Mada Indra Laksanta melalui Kasat Reskrim AKP Jeffri P Tambunan mengatakan, reka ulang 47 adegan dari perjalanan awal para tersangka di rumah kos di wilayah Wapnour hingga ditemukannya mayat Ilham di Kampung Suneri Dsitrik Yendidori  pada 27 Juni 2019.

“Rus dan Sul telah merencanakan untuk menghabisi korban untuk mengambil barang-barang berharga yang dikenakan korban yaitu HP dan perhiasan emas berupa cincin,gelang dan kalung serta dompet korban dan telah susun rencana tersebut pada tanggal 23 Juni 2019 dan pada tanggal 24 Juli 2019 kedua tersangka mulai beraksi untuk menjalankan rencana itu,”ujar Kasatreskrim AKP Jeffri Tambunan di Biak

“Awalnya kedua tersangka Rus dan Sul menyewa mobil di tempat penyewaan kendaraan di kompleks Angkatan laut Biak,tersangka Rus menjemput korban  di rumah korban di jalan Majapahit atau jalur dua dan  membawa korban berjalan-jalan menggunakan mobil sewa itu,namun korban tidak mengetahui jika tersangka Sul bersembunyi di belakang kursi korban yang duduk disamping tersangka Rus yang mengemudikan mobil. Tersangka Sul selanjutnya menjerat leher korban menggunakan tali jemuran yang sudah siapkan hingga korban tidak lagi bernafas,”ungkapnya.

“Perhiasan emas,HP dan dompet korban diambil kedua tersangka sedangkan KTP,SIM dan surat berharga di dompet korban dibuang di areal pelabuhan BMJ Biak, korban selanjutnya dibuang di semak-semak di kampung Sunyeri Distrik Yendidori dengan  wajah dan tubuh korban ditutup daun serta ranting-ranting kayu,”kata Kasatreskrim.

Lebih lanjut,kedua tersangka menjual dua cincin emas korban seberat 5 gram dan 5,9 gram ke toko emas dengan harga Rp5 000 000 dan  kemudian membeli tiket pesawat dengan tujuan Biak-Makassar. Kendaraan sewa yang digunakan dikembalikan dan dua tersangka melarikan diri ke Makassar.

Sementara pada tanggal 27 Juni 2019, saksi Kristian seorang supir angkutan luar kota yang melintas bersama penumpang, sekilas melihat sesosok mayat namun setelah menurunkan penumpang,saksi kembali dan memastikan yang dilihat merupakan sosok mayat.

“Saksi Kristian kemudian melaporkan ke Polsek Yendidori dan anggota Polsek Yendidori menghubungi Polres Biak Numfor dan ke lokasi TKP selanjutnya dibawa ke RSUD Biak dan dari hasil keterangan pihak  keluarga korban  dipastikan adalah Ilham atau Ilo yang hilang selama tiga hari,”tutur Kasatreskrim AKP Jeffri Tambunan.

Tersangka Rus dan Su behasil diringkus timsus Polda Sulawesi Selatan dan tim Reskrim Polres Maros pada  Minggu,30 Juni 2019  di Kabupaten Maros,selanjutnya dijemput anggota Satreskrim Polres Biak Numfor pada hari Rabu 3 Juli 2019..

Kedua tersangka akan  dijerat pasal berlapis, pasal 340 KUHP,pasal  338 dan pasal 170 KUHP berupa pembunuhan berencana atau pembunuhan  atau pengeroyokan  yang mengakibatkan matinya orang atau pencurian  dengan kekerasan yang mengakibatkan matinya orang.

Reka ulang atau rekonstruksi pembunuhan dipimpin langsung Kastreskrim Polres Biak Numfor AKP Jeffri Tambunan dan disaksikan pula Kasipidum Kujari Biak Lenny Silaban,Kasidatun Kejari Biak Numfor, Elmin Palyama serta terlihat pihak keluarga maupun sejumlah rekan korban,para pedagang ikan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00