• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KESRA - SOSBUD

Pesona Kuliner Khas Biak Dibanjiri Warga Masyarakat

4 July
20:59 2019
0 Votes (0)

KBRN,Biak: Festival Biak Munara Wampasi  VII tahun 2019 yang berlangsung sejak tanggl 1-6 Juli 2019 telah ditetapkan Kementerian Pariwisata masuk dalam 100 calender of event yang mengangkat potensi wisata Kabupaten Biak,Provinsi Papua

Hari keempat Festival Biak Munara Wampasi (FBMS), Pesona Kuliner Khas Biak digelar di sepanjang jalan imam bonjol,Distrik Biak Kota,Kamis (4/7/2019) yang antusias dipadati  pengunjung baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Odi salah satu wisnus asal Yogyakarta mengakui sangat bangga melihat langsung budaya dan keramahan  orang Biak serta menikmati kuliner khas Biak yang selama ini tidak diperoleh di daerahnya.

“Senang sekali bisa melihat bagaimana budaya dan potensi wisata yang alami di Biak,selain itu keramahan warganya yang masih sangat menghormati dan menghargai sesama,terlebih kami tamu di sini dan mereka sangat “welcome”,sehingga saya serasa memilik saudara sendiri,”ujar Odi.

“Saya juga sangat tertarik dengan ikan dari Biak, segar,angat nimat dengan rasa yang gurih dan manis meski tanpa bumbu namun sudah enak dinikmati dan dapat diolah dengan bermacam menu menggunakan bumbu khas Biak, ini yang tidak didapati di daerah saya,”ungkapnya.

Hal yang sama dikatakan Leni asal Jakarta yang mengunjungi Biak bersama rekan-rekannya untuk mengikuti Festival Biak Muhara Wampasi 2019.

“Kali perdana saya di Biak dan melihat bagaimana Pemda berupaya melalui FBMW untuk menarik kunjungan wisata di Biak dan ini cukup berhasil dengan berbagai kegiatan atau paket acara yang ditawarkan salah satunya yang menarik adalah makan gratis ikan dan makanan khas Biak lainnya ini sangat seru, nikmat dan tentu sebagai bentuk ungkapan syukur kepada Tuhan dengan berkat yang diberkan.”tutur Leni

“Ikan asal Biak sangat “exciting”,sangat enak dan segar,ini sulit kami dapati di daerah Jawa dengan ikan segar yang baru ditangkap nelayan kemudian diolah,dimasak dengan dibakar,”ujarnya

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Biak Numfor Turbey Dangeubun menyebutkan pada Festival Biak Munara Wampasi 2019 digelar Pesona kuliner Biak  dengan menyediakan aneka makanan khas Biak berupa keladi,ubi,serta  ikan sebanyak 7 ton secara gratis kepada wisatawan maupun warga setempat.

“Panitia bekerjasama dengan berbagai elemen masyarakat menyiapkan ikan sebanyak 7  ton  yang disajikan secara gratis,dan disetiap penjaga stand kuliner mengenakan pakaian bernuansa adat Biak dengan topi atau mahkota serta pakaian atau kain,”ujar Turbey Dangeubun.

Pesona Kuliner dihadiri Sekda Biak Numfor,Markus O Mansnembra dan para pejabat di lingkup Pemda Biak Numfor,dan dipadati  warga yang tumpah ruah disepanjang jalan imam bonjol Biak yang menjadi pusat lokasi kegiatan Pesona Kuliner sejak pukul 15.00 wit dan berakhir pukul 19.0 wit.

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00