• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PARIWISATA

Tari Kolosal Libatkan 500 penari Meriahkan Pembukaan Festival Biak Munara Wampasi VII

1 July
16:15 2019
1 Votes (1)

KBRN,Biak: Konser Harmoni Biak dengan musik akustik yang dibawakan 300 lebih musisi dan penyanyi dari 15 sanggar budaya di Biak serta paduan suara Faiman Indo Choir mengawali acara pembukaan Festival Biak Munara Wampasi (FBMW) VII,Senin (1/7/2019) di lapangan Cenderawasih,jalan Sisingamangaraja,Distrik Biak Kota,Kabupaten  Biak Numfor Papua.

Selain Konser harmoni Biak juga ditampilkan tari kolosal dengan 500 penari  dengan Tari Wampasi yang mampu menarik perahtian  tamu dan pengunjung acara.

Bupati Biak Numfort Herry Ario Naap dalam sambutannya mengatakan agenda tahunan yang digelar pemda Biak Numfor dan mendapat dukungan Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Provinsi Papua diharapkn dapat mengangkat budaya Biak serta mampu mendongkrak kunjungan wisatawan  ke Biak dan tahun depan Pemda akan menggandeng TNI Polri dan komponen masyaakat lainnya dalam penyelenggaraan FBMW.

“Selama enam tahun berturut-turut penyelanggaraan FBMW lebih banyak dilakukan oleh Pemda Biak Numfor,maka di tahun 2020 kami akan bersama-sama melibatkan TNI Polri,BUMN ,BUMN bersinergi untuk mengangkat budaya Biak,menguatkan budaya,membingkai pesona wisata budaya Biak menjadi sektor unggulan yang mendatangkan income namun juga memberdayakan masyarakat dan mensejahterakan masyarakat,”ujar Bupati Herry Ario Naap.

“Tahun 2020 nanti,kami berharap masing-masing Pimpinan TNI Polri,BUMN,BUMD, Perbankan dan komponen masyarakat lainnya memiliki sanggar budaya sendiri yanng dapat ditampilkan pada event FBMW,”tuturnya

 Mewakili Menteri Pariwisata RI,Aria Raseno,Koordinator Calender of Event wilayah Maluku dan Papua dalam sambutannya berharap event FBMW mampu menjadikan Biak sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia.

“Biak memiliki potensi wisata yang dapat dioptimalkan maka dengan semangat Bupati,kami yakin penyelenggaraan FBMW tahun depan lebih meriah dan semarak melalui promosi yang gencar dilakukan sejak awal,dan  diahrapkan pula mampu mendongkrak  kunjungan  wisatawan,baik wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara ke Biak,”ujar Aria Raseno.

Sebelumnya Ketua Panitia FBMW VII,Turbey Dangeubun menyebutkan FBMW ke VII menghadirkan 16 paket acara berlangsung tanggal 1 hingga 6 Juli 2019 diantaranya snap mor,apen bayeren,pesona kuliner,Padaido Island Tour,parade wor dan wai mansusu,lomba foto bawah laut,lomba mancing,pameran ekonomi kreatif dan hiburan.

Acara pembukaan FBMW VII tahun 2019 dihadiri perwakilan dari Pemprov Papua,Ketua DPRD Biak Numfor,unsur forkpimda,pimpinan TNI Polri,Sekda Biak Numfor,pimpinan organisasi wanita,pimpinan BUMN,BUMD dan berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Biak Numfor.

Hal yang menarik dari pembukaan FBMW kali ini, Bupati Biak Numfor dan para pejabat di lingkup Pemda Biak Numfor mengenakan pakaian khas Biak dengan kain Cidaku dan mahkota serta wajah yang dilukis ukiran Biak.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00