• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

IPTEK - GAYA HIDUP

184 SMA/SMK di Biak Numfor dan Supiori Ikut Seleksi Siswa Unggul Otsus Provinsi Papua 2019

28 June
12:35 2019
0 Votes (0)

KBRN,Biak:Sebanyak 184 siswa SMA/SMK di Kabupaten Biak Numfor dan Supiori mengikuti tes seleksi penerimaan beasiswa siswa unggul Papua dipusatkan di SMA Negeri I Biak Kota,Jumat (28/6/2019).

Kegiatan tersebut dibuka.oleh Asisten 2 Sedta Biak Numfor,Ferry Bettay mewakili Bupati Biak Numfor dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor, Perwakilan Biro Otonomi Khusus (Otsus) Setda Provinsi Papua dan pihak Jakarta Internasional College.

"Pemerintah Daerah Biak Numfor sangat menyambut baik dan sangat mengapresiasi program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Papua melalui Biro Otonomi Khusus (Otsus) Papua yang mengakomodir potensi anak asli Papua di 29  Kabupaten/Kota termasuk kita Kabupaten Biak Numfor,"ujar Ferry Bettay.

Mewakili Kepala Biro Otonomi Khusus Setda Provinsi Papua,Emma Warpur mengatakan sebelumnya Pemprov Papua telah mengumumkan hasil seleksi administrasi calon peserta siswa unggul Papua tahun 2019 dari total 2000 lebih peserta
dari 29 kabupaten kota di Papua yang lulus sebanyak 1465 peserta.

"Program ini telah berjalan sejak tahun 2013 telah meluluskan lebih dari 600 pelajar yang telah melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi di luar negeri dan dalam negeri,"ujar Emma Walaupun di Biak.

"Melalui program ini diharapkan anak  Papua mampu memanfaatkan kesempatan yang ada dengan berprestasi sejak dini serta dituntut mampu bersaing melalui tes yang ketat hingga lulus dan meraih beasiswa,"tuturnya.

Tim seleksi penerimaan program  siswa unggul Papua selain dari Biro Otsus Papua juga bersama Jakarta Internasional College (JIC) yang menyiapkan soal tes berupa Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA).

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Biak Numfor,Tinneke Mansnembra mengatakan tes  seleksi program siswa unggul Otsus Provinsi Papua selama ini dipusatkan di Jayapura dan tahun ini seleksi dilaksanakan di beberapa wilayah adat yang ada.

"Seleksi kali ini diikuti 148 peserta dari pelajar SMA/SMK di Kabupaten Biak Numfor dan 36 peserta dari Kabupaten Supiori dan khusus Kabupaten Biak Numfor cukup merata para siswa bukan hanya berasal dari tamatan sekolah yang berada di wilayah kota namun juga siswa di luar kota yakni SMA Negeri Biak Barat, Warsa dan Biak Utara,"ungkap Tinneke Mansnembra.

"Penilaian siswa yang mengikuti seleksi siswa unggul Otsus Papua ini dilakukan langsung oleh Biro Otsus Papua ke masing-masing sekolah di  29 Kabupaten/kota berdasarkan data raport para siswa mulai dari semester awal SMA/SMK serta kelengkapan dokumen lainnya,"ujarnya.

Seleksi program siswa unggul Otsus Papua berlangsung sehari,menggunakan lima ruang belajar SMA Negeri I Biak Kota dengan materi tes berupa Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA).

"Kami yang menyiapkan materi tes Bahasa Inggris dan TPA untuk seleksi  ini dan peserta yang lulus terpilih akan dibina terlebih dahulu khususnya yang akan melanjutkan kuliah ke luar negeri,"ujar Patricia Rubena,dari Jakarta Internasional College (JIC)

"Bahasa Inggris sangat penting karena melanjutkan kuliah ke luar negeri harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris dan kami JIC memahami jika terdapat siswa yang belum mengusai dengan baik,namun ada pula dengan kemampuan yang dimiliki maka siswa tersebut dapat melanjutkan kuliah,"tambahnya.

"Pembinaan yang kami lakukan antara 6-12 bulan sebelum siswa tersebut siap untuk masuk kuliah di luar negeri sesuai kemampuan yang dimiliki,"pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00