• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KESRA - SOSBUD

Penyuluh Kementerian Agama Biak Numfor Bukber Dengan Warga Binaan Lapas Biak

1 June
20:51 2019
0 Votes (0)

KBRN,Biak: Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Biak, berbuka puasa dengan para penyuluh agama Islam dari Kementerian Agama Kabupaten Biak Numfor,Papua,bertempat Mushalla Attaubat di kompleks Lapas,Jalan Condronegoro Samofa Biak,Sabtu (1/6/2019).

Menurut Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Biak Numfor,Abdul Manaf Rumadaul, sebanyak 12 orang penyuluh agama Islam non PNS yang direkrut dan selama ini melaksanakan sejumlah program,salah satunya berupa penyuluhan kepada warga binaan Lapas Biak.

"Ada 12 penyuluh agama Islam non PNS yang kami bagi menjadi tiga kelompok,yang melakukan penyuluhan baik di Masjid, Mushallah dan di Lapas Biak setiap hari sabtu pagi,namun khusus hari ini adalah pekan terakhir Ramadhan,kami mengundang semua penyuluh serta pihak MUI untuk brsama-sama memberikan penyuluhan sekaligus bukanpuasa bersama,Insya Allah ini akan memperat tali silaturahmi dan kerjasama waktu mendatang,"ujar Abdul Manaf Rumadaul.

Sementara Ketua MUI Biak Numfor, Kamarudin,memberi apresiasi terhadap program penyuluhan yang dilakukan para penyuluh agama Islam dan berharap kegiatan tersebut dapat melbatkan pihak lainnya.

"Alhamdulillah ini momen yang berbahagia bagi warga binaan Lapas Biak yang mendapat kunjungan silaturahmi para ustadz dari Kemenag dan berharap kegiatan ini di waktu mendatang dapat dilibatkan dari pihak lain seperti organisasi wanita Islam karena terdapat wanita yang menghuni Lapas," tutur Kamarudin

"Dakwah itu tidak hanya menyentuh orang yang bebas di luar sana  namun juga bagi orang-orang yang tidak memiliki akses terhadap dakwah Islam,maka kitalah yang harus pro aktif mendatangi mereka,termasuk saudara kita di Lapas Biak,"tambahnya.

Salah satu warga binaan,Kiki Haikal mengaku senang mendapat siraman rohani dari para ustadz dan ustadzah setiap akhir pekan sehingga memberikan pencerahan untuk menjadi manusia yang lebih baik.

"'Alhamdulillah,mendapat ilmu yang selama ini tidak tau menjadi tau,juga banyak mendapat pengalaman selama di Lapas,"ujar Kiki ,yang telah menjalani hukuman 7 bulan dari 1 tahun 3 bulan yang ditetapkan.

Sedangkan warga binaan lainnya Muhammad Basori menyatakan rasa syukur mendapat penyuluhan di akhir pekan oleh para penyuluh agama Islam.

"Bersyukur karena di saat jauh dari keluarga,diberikan kekuatan dengan mendapat penyuluhan,mendengar dakwah dari para ustadz dan ustadzah sehingga ibadah kami menjadi lebih baik,juga iman kami kepada Allah SWT,dan hari ini juga kami senang sekali dikunjungi pIhak Kemenag dan MUI,berbuka puasa bersama,"ujar Basori.

Data dari Lapas Biak hingga saat ini terdapat  28 warga binaan yang muslim.

"Dari total 200an warga binaan Lapas Biak,28 diantaranya adalah muslim,"kata Kasubsi Pelaporan & Tatib, Prayitno Wibowo,SH mewakili Kalapas.

Acara buka puasa bersama,diawali dengan tausiah dari para penyuluh agama Islam, diantaranya Ustadz H.M.Adnan dan Ustadz Mashudi, dan diakhiri dengan shalat maghrib berjamaah

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00