• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

LINTAS SUPIORI

Data Pemilih di Kepulauan Mapia Kabupaten Supiori tidak Akurat

12 March
18:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Biak : Masyarakat di Kepulauan Mapia Kabupaten Supiori, menyatakan kecewa terhadap kinerja Komisioner KPU Kabupaten Supiori, lantaran nama pemilih yang dimasukan dalam daftar pemilih tetap di wilayah itu,  sebagian  besar bukan penduduk asli Kepulauan Mapia. 

Ketua Partai Demokrat Anak ranting Kampung Mapia Kabupaten Supiori, Simon Yawan SH, minta KPU Kabupaten Supiori agar secepatnya mengambil kebijakan melakukan perbaikan terhadap nama pemilih yang terkafer dalam daftar pemilih tetap di kepulauan Mapia, sehingga  tidak menimbulkan polimik di kemuadian hari.       

Dikatakan tingkat partisipasi masyarakat pemilih di Kepuluan Mapia, pada pemilu sebelumnya menurun, disebabkan daftar nama yang dimasukan dalam DPT,  tidak sesuai jumlah pemduduk di wilayah itu.     

Hal itu disampaikan Simon Yawan, ketika bertandang di ruang redaksi pemberitaan RRI, Selasa, 12 Maret 2019.    

Menurutnya, data DPT di Kepulauan Mapia kedepan tidak dilakukan perbaikan, masyarakat mengancam tidak menyalurkan hak politik mereka pada pemilihan calon Presiden dan Legislatif yang akan dihelat pada 17 April 2019. 

“ Saya khuatir nama – nama yang terdaftar dalam DPT itu, dibuat asal – asalan saja, hal ini perluh dijawab oleh KPU Kabupaten Supiori, karena pemilu suda diambang pintu lalu kemudian kalau data pemilih tidak valid pasti ada persoalan di kemudian hari nanti.” Pungkas Simon Yawan SH. Selasa,(12/3/2019). 

Ditambahkan,  kurang lebih 35 hari lagi Pemilihan calon Presiden dan anggota legislatif di helat,  namun KPU Kabupaten Supiori,  belum pernah melaksanakan kegiatan sosialisasi berkaitan peleksanaan pemilihan umu di wilayah itu,  terutama masala pendaftaran peserta pemilih dalam daftar pemilih tetap.       

Simon Yawan atas nama masyarakat di Kepulauan Mapia,  minta KPU Kabupaten Supiori agar melakukan pendataan kembali terhadap masyarakat pemilih di wilayah itu,  sehingga menghasilkan data valid dan dapat di pertanggungjawabkan.(RL).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00