• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pro 1

Pemkab Biak Numfor Memperingati Hari Lahir Pancasila 2018

1 June
11:30 2018
0 Votes (0)

KBRN Biak: Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2018 merupakan berkah indah dari Tuhan, melalui perenungan, pergulatan, pemikiran dan kejernihan batin para tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia, yang diuraikan secara jelas Bung Karno pada 1 Juni 1945, selanjutnya dirumuskan secara final pada 18 Agustus 1945.  

Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama, menetapkan pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan, bahkan falsafa dan dasar Negara yang kokoh, sekaligus fandasi Indonesia yang bersatu, berdaulat adil dan makmur.     

Demikian sambutan tertulis Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, disampaikan Penjabat Sementara Bupati Kabupaten Biak Numfor, Besem Gombo, pada upacara peringatan hari lahir pancasila 1/06/2018/ bertempat di lapangan apel Pemda Biak Numfor.    

Momentum hari pancasila, hendaknya dimaknai secara sungguh – sungguh seluruh masyarakat Indonesia, sekaligus memastikan pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan  serta hati dan pikiran.  

Bangsa Indonesia terdiri 714 suku  1.100 bahasa lokal dan 17. 000 pulau  terus memperkokoh semangat bhineka tunggal ika, sehingga menjadi bangsa yang besar, kuat dan bangsa pemimpin.

“ Semangat antar berbagai anak bangsa, untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama, juga merupakan sebua keharusan, saling menghargai dengan penuh empati, semangat gorongroyong harus kita pupuk, sebagai sumber enerji besar Indonesia, untuk menggapai keadilan, sosial, bagi seluruh rakyat Indonesia.”

Peringatan hari pancasila  harus dimanfaatkan sebagai monen pengingat, pemacu dan momen aktualisasi nilai – nilai pancasila  sekaligus mengamalkan warisan para tokoh pejuang kemerdekaan, demi kemajuan bangsa, sekaligus menjadi sumbangsi Indonesia kepada masyarakat dunia.

“ Saatnya kita berbagi pengalaman dalam berbineka tunggal ika, dalam bertoleransi, serta dalam persatuan dan kebersamaan, saatnya kita berbagi dalam mengamalkan nilai – nilai luhur pancasila.”

Dipenghujung sambutan tertulis Presiden, mengajak seluruh komponen bangsa Indonesia, agar bersama – sama mengamalkan pancasila dalam keseharian,  semangat bersatu dan berpartisipasi, mampu meneguhkan derap langah membawa bangsa Indonesia  menuju Negara yang maju dan jaya.(RL).   

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00