• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

LINTAS SUPIORI

Pemkab Supiori Alokasi dan bos tambahan kepada semua sekolah di daerah itu

21 April
16:28 2018
0 Votes (0)

KBRN Biak : Pemerintah Daerah Kabupaten Supiori melalui Dinas Pendidikan, tahun ini melaksanakan pelatihan manajemen pengelolaan keungan sekolah, menggunakan aplikasi SIMDA Bos, bagi  seluruh kepala sekolah dan bendahara / mulai tingkat SD hingga SMA.   

Pelatihan tersebut, menindak lanjuti rekomendasi dan temuan Badan Pemeriksaan Keuangan, terhadap laporang keuangan pemerintah daerah Kabupaten Supiori tahun sebelumnya, mendapat opini wajar dengan pengecualian  salah satuhnya, pengelolaan dan penatausahaan dana bantuan operasional sekolah baik dari pemerintah pusat maupun daerah.       

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Supiori, Rafles Ngilamele. S, STP. M,Si optimis, dengan diterapkanya aplikasi Sistem Informasi Manajemen daerah, mampu mengakomodir perencanaan keuangan, pendapatan dan belanja sekolah.   

Selain itu memudahkan para kepala sekolah dan bendahara, melakukan perencanaan dan pengelolaan, serta membuat laporan pertanggungjawaban keuangan dengan baik dan benar.

“Kami memberikan pelatihan sekaligus membantu para Kepala Sekolah dan Bendahara, untuk rencana kerja anggarannya, baik pendapatan maupun belanja, langsung di imput dalam aplikasi SIMDA Bos, apabila mereka sanggup mengelola aplikasi ini, maka mereka mampu melakukan perencanaan sekaligus pengelolaan serta membuat laporang pertanggungjawaban penggunaan anggaran sekolah dengan baik dan benar, Aplikasi SIMDA Bos dibuat satu server di dinas pendidikan, sehingga semua sekolah mengimput data ke server dengan begitu Dinas Pendidikan bisa memantau pengeluaran , pendapatan maupun sisa anggaran di masing – masing sekolah.” Ujar Kadis Pendidikan Rafles Ngilamele.

Ditambahkan, dan bos  selain dianggarkan pemerintah pusat  melalui Provinsi, pemerintah daerah juga membri tambahan dana bos untuk semua sekolah, khusus SD dan SMP, di hitung berdasarkan sejumlah indikator antara lain, jumlah keseluruhan siswa pada tahun ajaran, jumlah siswa kelas ahir dan sejumlah indikator lainnya.

“Jadi indikator – indikator ini kita pake untuk, menghitung besaran dana bos daerah yang diberikan kepada masing – masing sekolah, dan tahun ini pemerintah daerah menganggarkan dana yang cukup besar, untuk menambah dana bos pusat, bahkan jumah dana yang dianggarkan hampir sama dan bos pusat.”

Rafles Ngilamele atas nama Pemerintah Daerah, menyampaikan apresasi dan penghargaan kepada seluruh kepala sekolah dan bendahara, yang menyambut baik pengelolaan keuangan sekolah menggunakan aplikasi Simda Bos.   

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00