• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Jaringan Internet Terganggu,Pelaporan SPT Wajib Pajak Di Biak Terkendala

23 March
04:35 2018
0 Votes (0)

KBRN,Biak: Gangguan jaringan internet yang terjadi pekan ini di Kabupaten Biak Numfor berdampak pula pada pelayanan pajak dengan  minimnya pelaporan  Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan secara online dari wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Biak.

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Papua dan Maluku Wansepta Nirwanda mengatakan dari target secara kanwil,pihaknya baru mencapai 38,9% dan untuk Biak  mencapai 37,71%..

“E-Filling secara Kantor wilayah (Kanwil)  kami ditargetkan 106.ribu SPT,dan per tanggal 22 Maret hari ini, SPT yang masuk melalui E-Filling baru masuk 34.087 atau 38,9% sedangkan  untuk di Biak ditargetkan SPT yang masuk mencapai 8000,namun saat ini baru tercapai sekitar  2000 lebih atau 37,71%,untuk enam KPP lain ada yang lebih dari 40% yaitu KPP Jayapura yang tertinggi sedangkan  KPP Timika masih rendah 15,59%,”ujar Wansepta Nirwanda usai mengikuti pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Biak,Kamis (22/3/2018)

“Setelah saya tanyakan,ternyata diakibatkan jaringan atau signal internet yang bermasalah, belum stabil dan ini menjadi persoalan besar bagi kami jika terjadi di Jayapura dan daerah lainnya di Papua terlebih di bulan Maret seperti saat ini,”tambahnya.

Wansepta Nirwanda tetap optimis pencapaian SPT secara e-filling dapat tercapai untuk KPP di Papua,Papua Barat dan Maluku.

“Pelayanan yang kami berikan secara optimal kepada Wajib Pajak (WP) kami optimis SPT dapat tercapai, sementara untuk pelaporan SPT secara online,sangat dimudahkan dengan sistem e-filling,WP dapat melaporkan SPT dengan mengunjungi website Ditjen Pajak dan mengikuti seluruh panduan yang ada tanpa harus mendatangi kantor pajak,”ungkap Wansepta Nirwanda.

Sementara Kepala KPP Pratama Biak Paulus Soetjipto Adi menambahkan, untuk pembayaran SPT, KPP Pratama tetap membuka jam pelayanan di hari Sabtu hingga 31 Maret 2018.

“Penambahan jam operasional untuk pelayanan pelaporan SPT,kami buka di hari  Sabtu,”tandas Paulus Soetjipto.(OP)

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00