• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Hari Kedua, KPU Bengkulu : Belum Ada Kandidat Perseorangan Serahkan Berkas Dukungan

17 February
21:45 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Kendati telah memasuki hari kedua, namun pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu belum juga menerima penyerahan berkas dukungan pencalonan, dari kandidat pasangan balon (paslon) dari jalur perseorangan Gubernur dan Wakil Gubernur, yang akan maju pada Pilkada serentak tahun 2020 ini.

Padahal untuk pencalonan dari jalur perseorangan ini, ada beberapa perwakilan tokoh masyarakat Bengkulu mengikuti sosialisasi akhir tahun lalu.

Bagi kandidat bakal paslon yang akan maju Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur lewat jalur perseorangan, lusa pada pukul 00.00 WIB adalah batas akhir penyerahan syarat dukungan ke KPU, meskin dihari kedua ini kita membuka tahap penyerahan syarat dukungan bakal Paslon perseorangan, masih belum ada yang dating,” ujar Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra kepada wartawan.

Dijelaskan, sejauh ini dari pengamatan pihaknya yang sepertinya serius dan terus melengkapi persyaratan secara administrasi serta bakal menyerahkan syarat dukungannya, baru paslon Hijazi-Anarulita.

Belum lagi diakui, mereka juga sudah memiliki Pasword dan Username guna mengisi aplikasi Silon, kendati pihaknya masih belum dapat memastikan dari LO Hijazi-Anarulita, terkait kapan menyerahkan syarat dukungannya ke KPU.

“Seyogyanya saat ini melalui aplikasi Silon kandidat paslon perseorangan sudah melakukan input data dukungan kedalam aplikasi. Kemudian sudah bisa melakukan penyerahan syarat dukungan,” imbuhnya, Senin, (17/2/2020).

Lebih lanjut ditanya kandidat paslon perseorangan, disebutkannya, sepertinya tidak ada lagi. Pasalnya jika sekarang ada kandidat lain yang mau mendaftar lewat perseorangan, sementara belum mendapatkan password serta username, diperkiarakan untuk menginput data kedalam aplikasi Silon,waktunya sudah tidak memungkinkan lagi.

Hanya saja juga memamg tergantung dari kandidat apakah nanti sanggup dengan menyediakan banyak operator guna menginput data kedalam Silon.Apalagi ada tiga form dokumen yang nanti harus diserahkan ke KPU provinsi Bengkulu.

Dimana form BI KWK pernyataan dukungan sebanyak minimal 139. 911.Lalu form BI.I KWK soal rekapitulasi data pendukung, dan ketiga rekapitulasi wilayah administrasi.

“Itu gunanya sejak sosialisasi pada Oktober tahun 2019 lalu, kita telah mengimbau jauh-jauh hari dan mensosialisasikan pada para kandidat agar mempersiapkan kelengkapan syarat administrasi dimaksud. Lantaran kita paham rumitnya untuk melengkapi syarat tersebut, dan berkaca pada Pilgub tahun 2015 lalu, ada satu kandidat yang datang menyerahkan syarat dukungan untuk maju jalur perseorangan yaitu Ichwan Yunus, tapi gagal. Oleh karena itu untuk Pilgub kali ini, dihatapkan bakal paslon yang ingin maju lewat jalur perseorangan, mulai melakukan konsultasi sejak jauh-jauh hari. Mengingat rajin konsultasi, dan dari jauh hari sudah ambil password dan username, mudah-mudahan dapat melengkapi syarat dukungannya,” demikian Irwan Saputra.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00