• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Cuaca Ekstrim Masyarakat Bengkulu Diminta Harus Bisa Evakuasi Secara Mandiri

17 February
21:44 2020

KBRN, Bengkulu : Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi terus mengingatkan masyarakat se Provinsi Bengkulu agar bisa melakukan evakuasi diri sendirisecara mandiri, terutama menghadapi cuaca ekstrim yang sering terjadi.

Kepala BPBD Provinsi Bengkulu Rusdi Bakarmenyebutkan, sesuai dengan surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Januari lalu dan dari pihak BNPB meminta harus siaga di seluruh daerah wilayah Indonesia dengan cuaca ekstrim akhir-akhir ini.

Bahkan di bulan Februari ini, memasuki musim penghujan, sehingga siaga pertama agar jajaran BPBD setempat menginformasikan kepada masyarakat untuk waspada dan siaga dengan musim hujan.

“Himbauan itu harus disampaikan kepada masyarakat, khususnya yang tinggal di lereng-lereng bukituntuk waspada dengan tanah longsor dan banjir, serta di pesisir pantai agar berhati-hati angin badai," ungkap Rusdi Bakar kepada sejumlah wartawan pada Senin, (17/2/2020).

Dijelaskannya, pentingnya bagi masyarakat untuk bisa melakukan evakuasi secara mandiri, terutama di kawasan perbukitan yang waspada longsor seperti daerah Bengkulu Tengah, Rejang Lebong, Kepahiang, Kaur dan juga Bengkulu Selatan dibagian hulu.

Mengingat petugas bisa saja terlambat sampai ke lokasi, meski dari segi dana kedaruratan sendiri, pihaknya memang telah menyiapkan anggaran dana yang bersumber tidak saja dari daerah maupun pusat.

"Datangnya bencana memang tidak bisa diprediksi, makanya perlu mewaspadai dengan dimulai dari diri sendiri dulu baru ke yang lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu dari perkiraan cuaca yang dilansir pihak Badan Meteorologi, Klimatilogi dan Geofisika (BMKG) saat ini memang memasuki perhujan, terutama terjadi di saat sore dan malam hari.

“Iya memang saya perhatikan hujan datang ketika sore dan malam hari. Jadi untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan kami sekeluarga membatasi keluar rumah pada sore dan malam hari. Jadi sepulang kerja langsung rehat di rumah,” tukas Iwan salah seorang warga Kota Bengkulu.

00:00:00 / 00:00:00