• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

KONI Ambil Alih, Porprov X Dibentang Juni 2020

17 February
19:47 2020

BENGKULU, KBRN: Setelah dinilai tak siap, Pekan Olahraga Provinsi Bengkulu Tahun 2020 dipastikan batal diselenggarakan di Kabupaten Rejang Lebong. KONI Provinsi Bengkulu yang mengambil alih, menjadwalkan Porprov ke-10 ini bakal dihelat pada Juni 2020.

Wakil Ketua KONI Bengkulu Irwan Alwi mengatakan, semua pertandingan akan diselenggarakan dalam wilayah Kota Bengkulu. Saat ini KONI tengah menyiapkan draf cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

"Finalisasinya setelah kita rapat koordinasi dengan KONI Kabupaten dan Kota. Yang jelas ada kemungkinan jumlah cabor yang dipertandingkan bertambah dibanding Porprov sebelumnya," kata Irwan Alwi.

Irwan menyebut, jika pada Porporv 2017 ada 11 cabor, maka di Porprov kali ini direncanakan ada 20 cabor yang dipertandingkan. Beberapa cabor itu adalah atletik, renang, bulutangkis, catur, sepak bola, panjat tebing, tinju, kempo, muathai, bola voli, biliar, karate dan pencak silat.

"Kita prioritaskan cabor yang memang sudah memberi prestasi bagi Bengkulu. Utamanya cabor martial art yang sifatnya individual dan sudah banyak mengangkat nama daerah di level nasional," ujar Irwan.

Selain itu, lanjut Irwan, KONI juga memberi kesempatan bagi cabor yang tak ada di kabupaten, namun sudah sudah banyak menyumbang prestasi. Misalnya gulat. 

"Ini nanti ekspedisi. Sebab mereka ini lemah di segi administrasi karena tak ada di kabupaten, tapi sudah mencatatkan banyak prestasi," imbuh Irwan.

Selain jumlah cabor, KONI Bengkulu juga akan menyusun regulasi untuk membatasi usia atlet yang bisa ikut serta ke Porprov. Sebagai ajang pembinaan, kata Irwan, Porprov akan menjaring calon atlet Bengkulu untuk diproyeksikan ke even yang lebih tinggi, seperti Pra PON dan PON.

"Kalau atlet yang turun di Porprov sudah umur 26 maka untuk ke PON sudah 28 tahun. Ini kan nggak ideal lagi. Kalau bisa kita maunya usia di bawah 20 tahun. Jadi masih ada kesempatan yang luas untuk pembinaan dan prestasi di leven yang lebih tinggi," paparnya.

Terkait dana Porprov, Irwan menilai yang sudah diplot sebesar Rp 2,3 milyar sudah ideal. Dana ini, kata dia, sudah lebih besar dibanding Porprov IX tahun 2017 lalu. "Makanya dengan dana segitu kita rancang 20 cabor," katanya.

00:00:00 / 00:00:00