• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

BBM Sudah Tiba, Warga Enggano Minta Benahi Pendistribusian

16 February
19:06 2020

KBRN, Bengkulu : Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dikirim PT Pertamina dengan menggunakan Kapal Self Propelled Oil Barge (SPOB), sudah tiba di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara.

Dengan telah sampainya BBMtersebut, beberapa kelumpuhan akibat tidak adanya BBM berangsur pulih, seperti, aliran listrik sudah mulai hidup.

Hanya saja dalam pendistribusiannya, kedepanwarga meminta bisa dibenahi, terutama oleh PT Pertamina.

"Saat ini warga sedang berbagi BBM. Untuk listrik yang bersumber dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) berkapasitas 1 Megawatt juga sudah hidup, meski hidupnya sebagaimana biasa, yakni hanya 12 jam dalam sehari. Dimana aliran listriknyahidup mulai dari jam 5 sore sampai 12 malam. Kemudian hidup lagi jam 5 pagi hingga 12 siang.," ungkap Ketua Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Kecamatan Enggano, Redy Heloman Kaitora, ketika dihubungi.

Dikatakan Redy, dengan stock BBM yang baru tiba ini, palingan hanya bisa mencukupi kebutuhan BBM baik bagi PLTD ataupun warga hingga sebulan kedepan.

Oleh karena itu diharapkan dapat didistribusikan lagi, sebelum BBM benar-benar habis.

“Kita juga minta dalam pendistribusian BBM ini harus ada pembenahan, terutama PT Pertamina," harapnya, Minggu, (16/2/2020).

Lebih lanjut dijelaskan, salah satu penyebab terhambatnya pendistribusian BBM ini, lantaran lambannya pembayaran ongkos angkut BBM pada pihak pengelola transportasi.

Dimana untuk pendistribusian BBM ke Enggano tanggungjawab anak perusahaan PT Pertamina.

“Anak perusahaan ini yang terkadang lamban membayar ongkos angkut, sehingga Kapal Fery Pulo Tello dan KM Perintis Sabuk Nusantara enggan membawa BBM. Terkadang sampai berbulan-bulan baru dibayar. Jadi ini harus dibenahi oleh PT Pertamina, karena dengan kondisi ini akhirnya warga yang menjadi korban," tukas Redy.

00:00:00 / 00:00:00