• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

RSMY Bengkulu Luncurkan Layanan Meluruhkan Batu Ginjal Tanpa Operasi

13 February
19:09 2020

KBRN, Bengkulu : Terhitung mulai Kamis, (13/2/2020), di Rumah Sakit M Yunus (RSMY) Bengkulu telah ada pelayanan meluruh batu ginjal tanpa harus dilakukan operasi.

Peluncuran layanan untuk menghancurkan penyakit batu ginjal bernama Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL)itu, dilaksanakan langsung oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, dengan didampingi manajemen RSMY Bengkulu.

Gubernur Rohidin Mersyah menyatakan, dengan adanya alat tersebut, saat ini masyarakat yang ingin berobat sakit batu ginjal, dengan resiko yang minim, tidak mesti harus ke Jakarta.

"Melalui sarana dan prasarana yang mengikuti kemajuan teknologi dunia medisdan peningkatan terhadap kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), pelayanan unggulan bedah Urologi ini semakin lebih baik lagi,” kata Gubernur.

Untuk diketahui, alat ESWL merupakan media yang menggunakan alat pancar gelombang kejut, yang dikonsentrasikan di sekitar ginjal, dengan gunanya menghancurkan batu ginjal menjadi pecahan-pecahan yang lebih kecil,sehingga dapat dikeluarkan bersama urine (air kencing).

Bahkan prosedur layanan meluruhkan batu ginjal ini, dinilai cukup efektif menghancurkan sampai diameter kurang dari 2 centimeter.

"ESWL adalah teknologi terbaru dalam tata laksana tindakan pada batu ginjal. Pada prinsipnya tindakan ESWL itu menggunakan gelombang kejut yang diarahkan dari luar tubuh pasien ke Ginjal," terang Rohidin setelah mendengarkan penjelasan tim dokter RSMY Bengkulu.

Lebih lanjut ditambahkan, dengan alat ESWL ini tindakan untuk meluruhkan batu ginjal dengan prosedurnya hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam. Artinya pasien datang pagi hari, kemudian siangnya sudah bisa dipulangkan.

"Layanan baru ini ditanggung sepenuhnya oleh BPJS kesehatan. Jadi pasien sama sekali tidak membayar untuk menjalani prosedur ESWL meskipun lebih dari satu kali," tukas Gubernur Rohidin.

00:00:00 / 00:00:00