• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Terminal Air Sebakul Bengkulu Disarankan Alihfungsi Jadi Pasar Rakyat

13 February
16:08 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Keberadaan Terminal Regional A Air Sebakul, Kota Bengkulu, yang sejauh ini dinilai terbengkalai dan dilaporkan warga lantaran sempat diduga menjadi tempat maksiat, sehingga disarankan untuk dialih-fungsi.

Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Usin Abdisyah Putra Sembiring, SH mengatakan, saran tersebut diterima setelah bersama Imam, RT, dan Camat setempat melakukan inspeksi mendadak (sidak) atas laporan warga yang mengeluhkan di sekitar terminal kembali menjadi tempat untuk kumpul-kumpul, seperti perbuatan asusila, minum-minuman keras, dan berbagai tindakan lainnya.

Bahkan sebelumnya warga juga pernahmenggerebek dan membakar pondok-pondok yang ada di lokasi.

Dari sidakmemang masih ada warung-warung, tapi tidak berada di lingkungan aset terminal. Tapi pointpenting dari sidak itu, sangat disayangkan karena aset terminal hanya terbengkalai,” ujar Usin, Kamis, (13/2/2020).

Selain itu dikatakan Ketua Pansus revisi Perda tentang retribusi jasa dan usaha, nantinya aset terminal tersebut bagaimana caranya dapat berkontribusi.

Salah satunya, dengan mengalih-fungsikan terminal, yang diketahui merupakan aset milik Pemprov, seperti, untuk pemusatan keolahragaan, atau sarana prasarana yang dibutuhkan atlit.

"Kalau warga lebih mengusulkan terminal itu dijadikan pasar penyangga bagi warga di sekitar dan warga perbatasan. Apalagi pasar penyangga dinilai sangat dibutuhkan warga, terlebih saat ini wilayah tersebut tengah berkembang. Jadi sangat berpotensi bisa mendatangkan PAD dikemudian hari,” kata politisi Hanura ini.

Lebih lanjut ditambahkan, jika melihat kondisi terminal, memang sudah tidak bisa dipertahankan lagi. Bahkan untuk merehabnya saja, diperkirakan dananya bisa melebihi membuat baru.

Oleh karena itu pihaknya bakal menyampaikan masalah ini ke Pansus, pimpinan DPRD, bahkan kepada Gubernur.

Sederhananya, pada saat terminal dialihfungsikan menjadi pasar, pasti lebih bermanfaat bagi warga ketimbang kondisinya seperti sekarang ini," tukas Usin.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00