• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Gubernur Bengkulu Bakal Sikapi Permintaan Masyarakat Enggano

11 February
18:21 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Terkait adanya permintaan masyarakat Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara yang ingin pindah administrasi dan bergabung dengan wilayah Kota Bengkulu atau Kabupaten Kaur, Gubernur Rohidin Mersyah bakal mensikapinya.

Menurut Gubernur BengkuluRohidin Mersyah, permintaan masyarakat Enggano itu merupakan bentuk dari aspirasi masyarakat yang tentunya akan ditindaklanjuti.

Hanya saja permintaan atau aspirasi itu diakui, perlu dikaji terlebih dahulu, dan dibicarakan bersama-sama.

“Persoalan Enggano ini memang merupakan persoalan lama, dan kemudian Pulau Enggano yang merupakan salah satu pulau terluar, dan kondisinya dimana-mana menghadapi persoalan yang sama," ungkap Rohidin.

Dijelaskan Gubernur, persoalan yang sama dimaksud, khususnya masalah transportasi menjadi kendala. Untuk itu, persoalan tersebut sekali lagi memang harus dibicarakan dan dikaji secara mendalam.

Apalagi saat ini masalah Bahan Bakar Minyak (BBM)yang terus dikeluhkan, sepengetahuannya sudah ada solusinmya.

“Mudah-mudahan saja dalam duatiga hari kedepan bisa sampai dan memenuhi kebutuhan BBM bagi masyarakat Enggano,” katanya, Selasa, (11/2/2020).

Sementara secara terpisah, Anggota DPRD Provinsi Bengkulu dari daerah pemilihan (dapil)Kabupaten Bengkulu Utara dan Bengkulu Tengah, Yurman Hamedimenyampaikan, soal aspirasi warga Enggano yang terpenting saat ini bagaimana mencarikan solusi terbaiknya. Mengingat aspirasi ingin pindah wilayah administrasi karena alasan jarak yang jauh ke Kabupaten Bengkulu Utara, dinilainya bukanlah sebuah jawaban yang tepat sebagai solusi.

Artinya, apakah setelah pindah dan bergabung dengan Kabupaten Kaur atau Kota Bengkulu, ada jaminan bagi masyarakat Enggano mendapatkan pelayanan sebagaimana yang diharapkansemula.

"Lebih baik mencari penyelesaian hingga nantinya masyarakat Enggano mendapatkan pelayanan sebagaimana yang dirasakan masyarakat di daratan," ungkapnya.

Lebih jauh ditambahkan, selaku legislativepihaknya juga sudah pernah menyampaikan kondisi masyarakat di Pulau Enggano pada sejumlah Kementerian di pusatdan menjanjikan akan memberikan bantuan.

Hanya saja dalam perealisasiannya, diminta masyarakat setempat bersabar.

Atas koordinasi yang kita lakukan, kemungkinan dalam tahun ini diberikan bantuan ambulan laut untuk masyarakat Enggano. Kemudian juga tidak menutup kemungkinan menyusul bantuan-bantuan lainnya," pungkas Yurman.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00