• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Sosialisasi Empat Pilar, Dewi Coryati Serukan Persatuan dan Kesatuan

11 February
16:30 2020

KBRN, Bengkulu : Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) Hj. Dewi Coryati, M.Si mengadakan sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), pada Selasa, (11/2/2020) di Kecamatan Curup Utara, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Politisi PAN ini mengatakan, penanaman nilai-nilai empat pilar kebangsaan, yaitu, Pancasila, Undang Undang Dasar (UUD) 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), perlu terus disosialisasikan, agar masyarakat selalu ingat arti pentingnya pilar dalam berbangsa dan bernegara.

Apalagi sosialisasi empat pilar kebangsaan ini, juga merupakan bagian dari tugas penting pihaknya sebagai keanggotaan MPR RI, disamping sebagai anggota DPR RI yang memiliki fungsi penganggaran, pengawasan, dan pembahasan undang undang (UU).

“Empat pilar kebangsaan harus dipegang teguh, agar negara kesatuan tetap terjaga dan terpelihara dengan baik,” kata Dewi memasuki periode ketiga duduk sebagai wakil rakyat di Senayan ini.

Selain itu dikatakan Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Provinsi Bengkulu ini, melalui sosialisasi empat pilar kepada masyarakat, sembari menyerap aspirasi sesuai mitra kerjanya di Komisi X DPR RI, agar berbagai konflik yang sedang maupun yang akan terjadi di negeri ini, dapat diredam atau diselesaikan dengan baik.

Apalagi pengaruh-pengaruh negative itu, perlu dicegah dengan pembekalan dan pemahaman empat pilar kebangsaan.

“Empat pilar kebangsaan memang harus disosilaisasikan sedari dini dan kepada ibu-ibu selaku orang tua dari generasi penerus bangsa ini. Sehingga orang tua bisa mendidik anak-anaknya dengan selalu mempedomani nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan,” harap Dewi.

Lebih lanjut ditanbahkan, dalam pendalaman nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan ini juga dapat dimulai dari lingkungan terdekat, yakni keluarga dan lingkungan sekitar.

Oleh karena itu, ia memotivasi para ibu-ibu selaku orang tua agar benar-benar mengamalkan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-harinya.

Jangan sampai orang tua yang mendidik anak-anaknya tidak memahami pancasila dan tidak mengerti Bhineka Tunggal Ika. Belum lagi saat ini paham radikalisme dan terorisme menjadi ancaman bangsa. Jika tidak dibentengi, maka generasi muda akan terjebak nantinya. Makanya seluruh komponen bangsa, wajib mengetahui empat pilar ini. Apalagi empat pilar bisa menjadi dasar dalam menjaga toleransi, karena keberagaman merupakan hal yang wajar dan perlu disyukuri sebagai karunia besar bagi bangsa ini,” kata dia.

Sementara dari sosialisasi empat pilar kebangsaan yang diikuti ratusan ibu-ibu, terlihat antusias dan berlangsung atraktif.

Setelah Dewi Coryati memaparkan gamblang apa itu empat pilar kebangsaan, para ibu-ibu selain bertanya, ada juga yang menjawab kuis yang diberikan pertanyaan oleh Dewi Coryati.

00:00:00 / 00:00:00