• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Virus Corona Belum Masuk Bengkulu, Gubernur Minta Semua Tetap Waspada

27 January
16:03 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Terkait virus Corona, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyatakan, sampai saat ini tidak ada indikasi temuan penyakit tersebut masuk ke wilayah Provinsi Bengkulu.

Hanya saja, mengantisipasi potensi penyebaran penyakit pneumonia akibat novel coronavirus, diminta seluruh rumah sakit yang ada dalam wilayah Bengkulu, untuk meningkatkan kewaspadaannya.

“Meski Bengkulu belum ada yang terjangkit potensi penyebaran virus penyebab penyakit radang paru itu, namun diminta semua tetap waspada dan siap siaga," ungkap Gubernur Rohidin didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Herwan Antoni dan Kepala Dinkes Kota Susilawati, dalam keterangan persnya ketika menyikapi Virus Corona, di ruang Media Center kantor Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu.

Selain itu diakui Gubernur, pihaknya telah melibatkan stake holder yang ada, Dinkes Provinsi dan Kantor Kesehatan Pelabuhan, Bandara, Rumah Sakit Umum Daerah dan Laboratorium, untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat provinsi Bengkulu, soal penyakit yang diketahui telah ada korban jiwa di Negara Cina ini.

Termasuk mengscearming orang asing jika baru tiba di Bengkulu baik melalui pelabuhan ataupun bandar udara. Mengingat virus tersebut informasinya sudah menyebar bahkan menjadi sorotan dunia.

Kita minta pihak bandara dipasang terman scaner, terutama orang asing apa terjangkit atau tidak untuk diperiksa. Bahkan jika ada yang diduga orang asing terjangkit, agar disiapkan tim khusus dan ruangan khusus untuk pasiennya. Lalu yang terjangkit untuk merawatnya,” katanya, Senin, (27/1/2020).

Lebih lanjut Rohidin juga mengharapkan para Bupati/ Walikota untuk menjaga wilayah masing-masing, mulai penaanganan jika ada masyarakat yang terjangkit.

“Untuk Surat Edaran (SE) ke Bupati /Walikota untuk menjaga di wilayah masing-masing. Kemudian memberikan informasi teknik penanganan lebih rinci terhadap masyarakat maupun mengajak masyarakat agar berlaku hidup sehat, serta jangan panik menyiikapi hal ini, karena kondisi Bengkulu saat ini masih aman,” tukas Gubernur Rohidin.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00