• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

KPU : Gagal Melalui Independen, Balonkada Tak Boleh Daftar Jalur Parpol

22 January
14:42 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Informasi bagi setiap kandidat pasangan bakal calon (balon) kepala daerah (kada) dan wakil kepala daerah (wakada), baik Gubernur maupun bupati yang akan maju pada Pilkada serentak tahun 2020 ini, dengan awalnya mendaftarkan diri dari jalur independen ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, tidak bisa lagi melalui jalur partai politik (parpol).

"Sejauh ini regulasi di Peraturan KPU itu, tidak boleh mencalon yang sudah terverifikasi dari jalur independen, maju lewat jalur parpol,” tegas Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Divisi Hukum Eko Sugianto, ketika menyikapi balon kandidat yang gagal maju dari jalur perseorangan, bisa mendapatkan diri melalui jalur parpol pada Pilkada serentak tahun 2020 ini.

Dikatakan Eko, meski regulasi saat ini belum memperbolehkannya, namun tidak menutup kemungkinan berubah. Apalagi direncanakan revisi perubahan aturan terkait pilkada serentak tahun ini, masih dibahas.

“Kita lihat saja perkembangan regulasinya kedepan, ada perubahan atau tidaknya. Mengingat untuk aturan yang ada sekarang tertuang dalam PKPU 2017 Nomor 33 tentang mekanisme pencalonan,” terangnya, Rabu, (22/1/2020).

Lebih lanjut dijelaskan, untuk mengantisipasi adanya kandidat yang sama akan mendaftar melalui jalur independen dan juga parpol, dalam proses pendaftaran kali ini berbeda sebelumnya.

Dimana kali ini, pihak KPU selaku penyenggara, sebelum kandidat bersangkutan mendaftarkan diri, terlebih dahulu akan mengecek dulu sebaran dukungan masyarakat sesuai yang dipersyaratkan. Sehingga jika sudah memenuhi syarat, baru dipersilahkan mendaftar.

“Dalam proses sebelumnya memang kita membuka pendaftaran dulu, sedangkan jumlah dukungannya belum diverifikasi. Bahkan kita juga ikutkan langsung kandidat independent itu cek kesehatan dan sebagainya, sehingga anggaran sudah banyak habis, namun akhirnya tidak lolos. Kali ini beda, syarat dukungannya dulu yang diserahkan, dan setelah memenuhi baru boleh mendaftarkan diri dan mengikuti tahapan selanjutnya,” paparnya.

Sementara diketahui, untuk kandidat pasangan balon gubernur dan wakil gubernur sendiri, yang bakal mendaftarkan diri dari jalur independen sejauh ini, terdata oleh KPU baru satu yakni pasangan Ahmad Hijazi bersama Anarulita. Bahkan pasangan tersebut sudah diberikan username dan pasword oleh pihak KPU Provinsi Bengkulu.

Sedangkan untuk David Suardi yang digadang-gadangkan bakal maju dari jalur perseorangan, meski sudah mengumpulkan dukungan masyarakat, namun dikabarkan belum memiliki pasangannya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00