• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Perda BUMD Disahkan, Perubahan PD Bimex Bengkulu Jadi Perseroan Tunggu Pergub

20 January
18:31 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Dengan telah disahkannya revisi Peraturan Daerah (Perda) No 06 tahun 1986 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), sepertinya tidak serta merta menyebabkan Perusahaan Daerah (PD) Bengkulu Impor Expor (Bimex) berstatus menjadi Perseroan Terbatas (PT).

Mengingat Perda tersebut, sifatnya sebagai payung hukum dari seluruh BUMD yang ada dan milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu.

Ketua Komisi II DPRD Provinsi BengkuluHerizal Apriansyah mengatakan, Perda tersebut sama sekali belum langsung mengatur PD Bimex yang merupakan salah satu BUMD berganti status menjadi PT.

"Nantinya untuk Bimex menjadi PT, harus mengusulkan lagi. Tentu saja dalam prosesnya dimulai dari awal lagi yang didalamnya terdapat pembahasan-pembahasan yang lebih detail mengatur soal Bimex,"ungkap politisi PKS ini, Senin, (20/1/2020).

Secara terpisah, Direktur Utama PD Bimex, Ir. Frentindo menyambut baik dengan telah disahkannya revisi Perda tentang BUMD menjadi Perdatersebut, meski belum sepenuhnya PD Bimex berganti status menjadi PT.

Hanya saja untuk perubahan status yang dimaksud, kemungkinan besar cukup dengan Peraturan Gubernur (Pergub) saja yang lebih pada persoalan teknis.

“Lantaran, sebelumnya sudah ada Pergub, palingan Pergub yang ada direvisi saja. Oleh karena itu terkait masalah tersebut nanti dibahas lagi dengan PemprovBengkulu.Pasalnya perubahan status dari PD menjadi PT, sehingga nantinya eksistensi Bimex dan ruang geraknya lebih luas, sebab terget kita bisa berkontribusi terhadap daerahnantinya," jelasnya.

Lebih lanjut ditambahkan, dengan telah berubahnya status Bimex menjadi perseroan, pihaknya bisa mengusulkan penyertaan modal kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan harapannya bisa disetujui pihak legislatif provinsi.

“Insya Allah dengan ada modal, Bimex akan lebih eksis. Apalagi kita juga sedang menjajaki kerjasama baru dengan sejumlah mitra kerja perusahaan yang ada di Bengkulu ini, seperti, Pelindo sempat terputus, akan dilanjutkan kembali serta kerjasama sesama BUMD,” demikian Frentindo.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00