• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Soroti Musibah di Kaur, Jembatan Tak Layak Perlu Perbaikan

20 January
17:43 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Terkait musibah putusnya jembatan Cawang Kidau di Desa BunginTambun, Kecamatan Padang Guci Hulu, Kabupaten Kaur, yang banyak menelan korban jiwa, Anggota DPRD Provinsi Bengkulu dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Kaur dan Bengkulu Selatan, Faisal Mardianto menyatakan ikut berbela sungkawa kepada keluarga korban.

Selain itu dengan musibah putusnya jembatan tersebut, agar menjadi perhatian semua pihakdanjangan sampai kejadian serupa kembali terjadi, pemerintah daerah baru mengambil sikap untuk memperbaikinya.

“Peristiwa yang terjadi itu diduga menandakan jembatan tersebut sudah tidak memenuhi kelayakanlagi. Oleh karena itu mestimenjadi perhatian, supaya jangan sampai lagi menelan korban baru ada tindakan dari pemerintahdaerah," ungkap Faisal ketika ditemui di gedung DPRD Provinsi Bengkulu.

Dijelaskannya, meski jembatan itu disebutkan merupakan kewenangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, namun tidak ada salahnya juga pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) ikut andil melakukan penanganannya. Seperti halnya memperbaiki pasca putus dan ambruknya jembatan ke dalam Daerah Aliran Sungai (DAS) setempat.

“Pentingnya peran baik Pemprov maupun Pemkab, karena jembatan itu merupakan penghubung bagi masyarakat dalam kehidupan kesehariannya. Belum lagi perlunya peran aktif pihak Pemprov, karena tidak menutup kemungkinan anggaran pihak Pemkab terbatas, sehingga disubsidi oleh Pemprov Bengkulu,” kata politisi Demokrat ini, Senin, (20/1/2020).

Lebih lanjut ditambahkan, perlunya peran serta Pemprov dalam penanganan jembatan yang diduga tidak layak lagi, kemungkinan kondisi yang sama terjadi dengan jembatan yang lainnya dalam wilayah Provinsi Bengkulu.

Untuk itu kembali Anggota DPRD Provinsi Bengkulu ini mengingatkan, baik seluruh Pemkab bersama Pemprov melalui dinas teknis, agar segera melakukan inventarisir terhadap jembatan yang perlu mendapatkan penanganan.

Hal itu dilakukan tidak lain guna mengantisipasi kejadian serupa agar tidak terulang lagi.

“Saya perkirakan bukan hanya jembatan yang ada di Kabupaten Kaur saja, tetapi jembatan yang ada di wilayah kabupatenlaindalam Provinsi Bengkulu, ada yang perlu penanganan. Oleh karena itu kedepan peningkatan pembangunan jembatan harus menjadi perhatian serius, sebab jembatan merupakan arus lalu lintas masyarakat,” tukas Faisal.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00