• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

48 Tim Sepak Bola Usia Dini U-10 dan U-12 Ikuti Festival SSB

17 January
19:23 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Dalam rangka anniversary 22 tahun Sekolah Sepak Bola (SSB) Bengkulu, sebanyak 48 tim sepak bola U-10 dan U-12 mengikuti festival sepak bola usia dini.

Dari festival sepak bola usia dini yang berlangsung selama 3 hari, dimulai Jumat (17/1/2020) dan berakhir pada Minggu, (19/1/2020) di lapangan sepak bola H. Muhammad Saleh, jalan Pariwisata Pantai Panjang, Kota Bengkulu, dengan dibuka secara resmi oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Gubernur Rohidin Mersyah atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) menyatakan rasa bangga sekaligus apresiasi atas motivasi anak-anak yang inginn menunjukan prestasinya di bidang olahraga, khususnya sepak bola. Lantaran salah satu jenis olahraga yang digemari masyarakat Bengkulu adalah sepak bola.

Apalagi dalam Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) ke X se Sumatera pada November 2019 lalu, tim sepak bola dari Bengkulu berhasil meraih medali perak dan lolos menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020 ini di Papua.

“Prestasi yang berhasil diraih tim sepak bola Bengkulu dalam Porwil itu patut dibanggakan, karena berhasil mengalahkan tim sepak bola dari luar yang dari segi prestasi sudah membanggakan daerahnya. Diharapkan melalui festival sepak bola usia dini yang animonya sangat baik dan pelaksanaannya secara rutin di Bengkulu ini, dapat melahirkan bibit atlit sepak bola yang berprestasi di masa mendatang,” harap Gubernur Rohidin.

Sementara itu, Pembina SSB Bengkulu Muhammad Saleh mengharapkan, dari kompetisi sepak bola usia dini ini, dapat melahirkan atlit yang berprestasi baik secara kedaerahan, nasional hingga internasional. 
Mengingat prestasi kesebelasan sepak bola Bengkulu yang awalnya cukup disegani lawan, tapi saat ini sedang terpuruh. 

Untuk itu, dengan upaya ini nantinya dapat membangkitkan gairah yang dimulai sejak usia dini secara berkelanjutan minimal 1 sampai 2 kali setahun, sehingga bisa kembali menorehkan prestasi olahraga, khususnya sepak bola Bengkulu. 

“Ini sarana kita untuk mencari bibit pemain sepak bola masa depan. Tapi kita juga minta pihak Pemprov menyediakan anggaran dana yang memadai untuk pembinaan bidang keolahragaan dan memperbanyak diadakan pertandingan sepak bola berskala daerah serta nasional. Mengingat langkah yang kita lakukan ini tidak akan berhasil, tanpa dorongan dari Pemprov Bengkulu,” pinta Saleh.

Dibagian lain, Ketua Panitia festival sepak bola usia dini, U-10 dan U-12, Daniel Manurung mengaku, sebelumnya memang belum ada kompetisi sepak bola usia dini di Bengkulu ini. 

Oleh karena itu, dengan dimulainya kompetisi perdana yang diikuti sebanyak 48 tim terdiri dari usia 12 tahun sebanyak 36 tim dan usia 10 tahun 12 tim, serta secara berkelanjutan kedepannya, diharapkan dapat melahirkan pemain yang hebat dari Bengkulu nantinya.

“Ingat festival yang akan bertanding di empat lapangan dengan waktu satu kali pertandingan lima belas menit, tujuan utama kita bukan mencari juara. Melainkan ini wadah bermain dengan riang gembira dari anak-anak, dan setelah itu baru melahirkan prestasi. Apalagi kita juga merencanakan membentuk yayasan sepak bola dan di lokasi ini akan membangun lapangan sepak bola mini,” tutup Daniel.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00