• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Realisasi Jalan Tol Bengkulu-Lubuk Linggau Masih Terhambat Pembebasan Lahan

14 November
17:13 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Rencana pembangunan jalan Tol (Tax On Location) dari Bengkulu-Curup-Lubuk Linggau Provinsi Sumatera Selatan dengan panjang 95,8 Km, hingga kinibelum bisa terealisasidengan baik.

Salah satu penyebabnya,lantaran proses pembebasan lahan yang menjadi trase pembangunan jalan Tol yang bakal dikerjakan PT.Hutama Karya (HK) tersebut, belum selesai dilaksanakan.

“Terkait rencana pembangunan jalan tol itu, kita dari lembaga legislatif sudah bertanya langsung dengan Plt SekdaprovBengkulu Hamka Sabri. Dari penjelasannya, saat ini proses pembebasan lahan yang menjadi trase pembangunan jalan tol belum rampung," ungkap Ketua Komisi III DPRD Provinsi BengkuluSumardi, kepada wartawan.

Dikatakan Sumardi, dari koordinasi lebih lanjut dengan pihak Pemprov memberikan kepastian dalam bulan ini proses pembebasan lahan,ditargetkan akan rampung. Sehingga pembangunan tahap awal jalan tol sepanjang 17 km dari Bengkulu-Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah bisa segera dilakukan.

"Jikapembebasan lahan selesai, barulah ground breakingnya bisa dilakukan. Kita harapkan target itu bisa tercapai," harap Sumardi, Kamis, (14/11/2019).

Selain itu Sumardi menekankan, karena realisasi jalan tol ini tinggal menunggu pembebasan lahan saja lagi, tapi setelah pembebasan rampung pembangunan dapat segera direalisasikan. Mengingat jalan tersebut memiliki pengaruh yang besar bagi pembangunan di daerah Bengkulu.

“Harapan kita (legislatif,red) pembangunan jalan tol tersebut bisa segera direalisasikan, karena juga sudah ditunggu-tunggu masyarakat Bengkulu,” jelasnya.

Sementara diketahui jalan tol Bengkulu-Curup-Lubuk Linggau yang panjang totalnya 95,8 km melalui 4 Kabupaten/Kota, yakni Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, dan Kota Bengkulu. Sedangkan nilai investasinya mencapaiRp 33,12 triliun.

Hanya saja untuk pembangunan tahap awal, direncanakan sepanjang 17 km dari Bengkulu ke Taba Penanjung.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00