• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Resmi Naik Tipe A, Polda Bengkulu Dipimpin Irjen

12 November
17:51 2019
0 Votes (0)

BENGKULU, KBRN: Kepolisian Daerah (Polda) Bengkulu akhirnya naik status dari tite B menjadi tipe A. Pengukuhan status itu dipimpin Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Ari Dono Sukmanto, Selasa (12/11) siang.

Menyusul kenaikan tipologi itu, Polda Bengkulu bakal dipimpin perwira polri dengan pangkat jenderal bintang dua atau inspektur jenderal.

"Pastinya akan diikuti dengan penyesuaian kenaikan pangkat daripada para petugas Kapolda akan menjadi (jenderal) bintang dua, Wakapolda (jenderal) bintang satu," ujar Ari Dono di Mapolda Bengkulu.

Selain Kapolda dan Wakapolda, Ari Dono menambahkan, para pejabat utama di Polda juga akan menyesuaikan kenaikan pangkatnya.

Mantan Kabareskrim ini menuturkan, dinaikannya status Polda Bengkulu dari Polda tipe B menjadi tipe A berdasarkan sembilan kriteria. 

Dengan ditingkatkannya status Polda Bengkulu diharapkan dapat memberikan pelayanan kepolisian kepada masyarakat lebih meningkat.

"Jadi kenaikan tipologi ini tentunya berdasarkan assassment ada 9 kriteria untuk menaikan tipologi. Intinya tentunya untuk memberikan support dan semangat kepada kesatuan ini dalam rangka memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat supaya lebih optimal lagi," katanya.

Sementara terkait penambahan jumlah personel, Ari Dono mengatakan, hal tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan wilayah dan anggaran.

Ia menegaskan, jika kenaikan tipologi ini tidak ada perbaikan pelayanan, bukan tak mungkin status kenaikan akan dievaluasi kembali.

"Kalau tidak bisa menyesuaikan dengan pelayanan yang diharapkan oleh masyarakat dengan beberapa ketentuan-ketentuan dari Mabes Polri, ada syaratnya nanti bisa dievaluasi bisa turun lagi, bisa turun tipe lagi," katanya.

Dia menambahkan, "Kita harapkan ada satu kebersamaan, baik itu dari unsur pimpinan Polda itu sendiri, anggotanya tentunya kerja sama dengan dukungan dari Bapak Gubernur dan masyarakat sekalian, yang pastinya kan kita tidak ingin satu prestasi yang sudah kita capai bersama bahwa kenaikan tipe ini bukan hanya dari prestasi Polda tapi kebersamaannya dukungan dari masyarakat di bawah koordinasi Bapak Gubernur."

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengucapkan rasa syukur atas kenaikan tipologi Polda Bengkulu. Ke depan, kata dia, institusi lainnya seperti Korem dan IAIN juga bakal berkembang.

"Korem kita tinggal menunggu waktu karena dari kelembagaan sudah disetujui. Angkasa Pura sudah mengelola Bandara Fatmawati. Kita mendorong sekarang Lanal dan mendorong IAIN menjadi universitas. Pengembangan penguatan kelembagaan ini diyakini betul akan membuka kekuatan Bengkulu untuk bisa membangun lebih baik di masa yang akan datang," katanya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00