• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Sejumlah Penyu Ditemukan Mati di Pantai Panjang dan Teluk Sepang Bengkulu

11 November
18:35 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Selang waktu yang tidak terlalu jauh, sebanyak 3 ekor penyu, ditemukan dalam kondisi mati di 2 titik berbeda.

Dimana 1 ekor ditemukan mati di sekitar kawasan wisata Pantai Panjang, dan 2 ekor lainnya ditemukan tak jauh dari area Air Bahang yang diketahui lokasi pembuangan limbah Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batubara Kelurahan Teluk Sepang.

Direktur Lembaga Alam Laut Untuk Negeri (Latun) Bengkulu, Ari Anggoro ketika menyikapi penemuan sejumlah hewan yang dilindungi tersebut menyebutkan, penemuan seekor Penyu mati di kawasan wisata Pantai Panjangpada Sabtu malam, setelah menerima informasikan masyarakat.

Berbekal informasi itu, kita bersama BKSDA langsung melakukan pengecekanke lokasi," ungkap Ari, pada Senin (11/11/2019).

Menurutnya, dari pengamatan di lapangan, seekor Penyu yang mati tersebut berumur sekitar 5 tahundan pihaknya menduga penyebab kematian lantaran faktor alami.

"Kita juga menerima informasi ada lagi Penyu yang ditemukan mati di wilayah Teluk Sepang. Tetapi untuk informasi detailnya, kita juga kurang mengetahui," jelas Ari.

Sementaraitu, ditemukannya 2 ekor Penyu yang diduga dari jenis Penyu Lekang (Lepidochelys olivasea), dalam kondisi mati oleh masyarakat setempatpada Minggu (10/11/2019) sekitar pukul 12.30 WIB di area pembuangan limbah Air Bahang PLTU Batubara Kelurahan Teluk Sepang, atau penemuan Penyu yang pertama berjarak sekitar 100 meter dari area pembuangan limbah PLTU.

"Untuk yang kedua ditemukan sekitar 30 meter dari saluran pembuangan limbah. Hanya saja di area tersebut, bukan sekedar Penyu yang ditemukan mati tetapi juga sejumlah ikan pinggir. Untuk penyebab kematiannya kami kurang tahu pasti," tukas Warga RT 14 Kelurahan Teluk Sepang Kota Bengkulu, Rustam yang menemukan penyu dan ikan yang mati.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00